Sukses

Ini Kenapa Pria Cengeng Saat Sakit

Hampir semua wanita yang pernah mengurus pria sakit akan mengatakan hal yang sama, yakni pria sungguh cengeng saat tak enak badan.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya satu atau dua wanita, tapi rasa-rasanya hampir semua wanita yang pernah mengurus pasangan mereka saat sakit mengeluhkan hal yang sama. Mereka menilai pria sungguh cengeng seperti bayi saat mereka sakit, bahkan walau cuma kena flu.

Sementara itu, sakit-sakit ringan tak terlalu mempengaruhi wanita. Mereka masih bisa mengecek surel, menyiapkan bekal, sampai merancang presentasi untuk meeting.

Namun ternyata, seperti dilansir dari Purewow, Kamis (14/4/2016), ada alasan ilmiah kenapa pria jadi sangat manja saat mereka sakit. Para peneliti di Johns Hopkins University menemukan meningkatnya kadar hormon estrogen ternyata memiliki efek antiviral yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari gejala yang lebih agresif.

Inilah sebabnya. Saat suatu virus memasuki tubuh, ini akan menyebabkan penyakit dengan cara berkembangbiak di dalam sel tubuh. Banyaknya virus yang berkembangbiak di dalam sistem tubuhlah yang menentukan seberapa parah sakit yang Anda rasakan.

Namun ternyata komponen estrogen bisa mengurangi jumlah virus yang berkembangbiak. Dan, hal ini hanya berlaku untuk wanita.

Sebuah penelitian sebelumnya sudah menjelaskan, ada hubungan antara estrogen dengan sistem imun tubuh. Menurut studi itu lagi, hubungannya dengan sakit flu adalah kabar besar dan bisa mengindikasikan bahwa estrogen ternyata lebih kuat dibanding yang sebelumnya dibayangkan oleh para ilmuwan.

Karena pria hanya memiliki sedikit kadar estrogen, inilah yang membuat mereka merasakan sakit lebih dari wanita walau penyakitnya sama. Jadi saat Anda sedang mengurus pasangan yang sedang sakit dan rewel, cobalah untuk sedikit bersabar. Flu biasanya hanya berlangsung selama 48 sampai 72 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.