Sukses

6 Hal yang Terjadi Jika Anda Melakukan LASIK

Untuk mengatasi permasalahan mata, banyak orang yang lantas tertarik untuk melakukan operasi LASIK.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang yang pernah menggunakan lensa kontak, tahu susahnya memasang dan mencopot alat ini. Belum lagi saat Anda sedang alergi, menggunakan lensa kontak bisa berubah jadi siksaan.

Namun, tak semua orang nyaman menggunakan kacamata. Kemungkinan kacamata tertinggal atau patah--belum lagi gangguan ketika makan makanan panas--membuat kacamata tak bisa jadi solusi ideal.

Untuk mengatasi permasalahan mata, banyak orang yang lantas tertarik untuk melakukan operasi LASIK.

Melansir dari Purewow, Rabu (13/4/2016), inilah hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan operasi untuk memperbaiki penglihatan ini:

1. Anda harus berhenti menggunakan lensa kontak

Lensa kontak bisa mengubah bentuk kornea, yang akan membuat dokter kesulitan untuk menentukan apakah Anda kandidat yang layak atau tidak.

Jika Anda ingin mempertimbangkan operasi, Anda harus menggunakan kacamata untuk beberapa minggu agar kornea mata bisa kembali ke bentuk alaminya.

2. Prosedur ini hanya sedikit invasif

Menurut dokter mata Dr. Kerry Assil dari Los Angeles, keseluruhan operasi ini hanya berlangsung selama 10 menit. Dan setelahnya pun Anda akan diberikan obat tetes yang membuat Anda tidak akan merasakan sakit apapun.

Saat operasi, dokter pada dasarnya memotong sebagian kecil dari kornea, lalu menggunakan laser untuk membentuknya kembali untuk memungkinkan cahaya masuk agar fokus lebih baik. Inilah yang akan memberi Anda penglihatan yang lebih jelas.

3. Pandangan Anda akan kabur pada awalnya

Jangan khawatir kalau pandangan Anda menjadi kabur setelah operasi. Pastikan saja ada seseorang yang akan menemani Anda pulang setelah operasi. Anda juga tidak boleh menyetir sendiri sepulang dari operas.

Bersiaplah untuk menjadi ekstra sensitif terhadap cahaya terang selama beberapa hari setelah operasi.

4. Mata Anda akan terasa seperti ada yang mengganjal

Cobalah untuk tidak menggosok mata, karena hal ini bisa menggeser lapisan kornea. Gunakanlah tetes mata yang sudah diresepkan oleh dokter. Obat tetes ini bisa mengurangi rasa gatal dan mempercepat kesembuhan.

Juga, sebaiknya Anda menjauhi laut, danau, atau kolam renang agar tidak mengontaminasi mata.

5. Pandangan Anda akan segera kembali jelas

Operasi LASIK yang sukses artinya penglihatan Anda kembali sempurna setelah satu sampai dua hari.

Yang artinya, Anda tak perlu lagi menggunakan kacamata atau lensa kontak, sama sekali.

6. Efeknya bersifat permanen

Operasi ini bersifat permanen, terutama jika ukuran lensa kacamata Anda cukup stabil sejak sebelum operasi. Jika Anda mengalami perubahan pada penglihatan seiring waktu (misal karena bertambahnya usia) berkonsultasilah dengan dokter mata Anda tentang prosedur lanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.