Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

4 Fakta Seks Anal yang Wajib Diketahui

Sebagian orang mengklaim seks anal memberikan sensasi seksual berbeda. Namun penting juga mengetahui kelemahannya.

Liputan6.com, New York- Diantara sekian macam hubungan seksual, ada seks anal. Diperkirakan sekitar 5-10 persen pasangan heteroseksual melakukan seks anal.

Bagi yang yang menerima seks anal, anus bisa memberikan sensasi seksual yang berbeda. Sementara bagi yang memberikan seks anal, anus bisa memberikan kenikmatan dengan 'cengkeraman' yang berbeda dibandingkan Miss V. 

Meski bagi sebagian orang menyenangkan, namun banyak yang merasakan sakit. Terutama pada pihak penerima seks anal.

Perlu diingat juga bahwa seks anal memiliki banyak kelemahan. Risiko terkena masalah kesehatan pun meningkat jika melakukan hubungan seksual ini.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kelemahan seks anal seperti dilansir laman web MD, Rabu (13/4/2016).

1. Cairan lubrikasi di anus amat sedikit, jauh dibandingkan Miss V

Penetrasi Mr. P ke anus bisa merobek jaringan bagian dalam anus yang memungkinkan bakteri memasuki aliran darah. Hal ini bisa menularkan penyakit menular seksual, termasuk HIV.

Studi menunjukkan, pelaku seks anal lebih berisiko 30 kali terkena HIV dibandingkan hubungan seksual vaginal. Paparan virus HPV juga bisa mengembangkan kutil dubur dan kanker anus.

Memang bisa menggunakan pelumas buatan bisa membantu, namun masih bisa menyakitkan.

2. Jaringan di dalam anus tidak terlindungi seperti bagian luar anus

Di sekitar anus bagian luar terdapat jaringan yang bisa melindungi dari infeksi. Namun jaringan di dalam anus tidak memiliki perlindungan alami ini sehingga rentan sobek dan menyebarkan infeksi.

3. Anus didesain untuk mengatur pembuangan feses

Seperti kita ketahui anus diciptakan sebagai ujung dari tempat pembuangan feses. Di sekeliling anus sendiri terdapat seperti lingkaran otot bernama anal sphincter, yang kembali kencang setelah buang air besar.

Ketika otot mengencang, penetrasi lewat anus bisa amat sulit dan amat menyakitkan. Seks anal yang berulang bisa membuat anal sphincter jadi lemah, alhasil sulit bagi otot ini untuk menahan feses. 

Walaupun tentu saja latihan kegel bisa membantu menjaga kekencangan anal sphincter.

4. Anus penuh bakteri

Meski pasangan bersih dari penyakit menular seksual, namun di sekitar anus terdapat banyak bakteri yang berpotensi menginfeksi pasangan. Terlebih bagi pasangan yang melakukan penetrasi ke Miss V sesudah melakukan seks anal. Hal ini bisa memicu infeksi saluran kencing.

Jika melakukan seks anal dilanjutkan dengan oral seks hal tersebut menimbulkan risiko terkena hepatitis, herpes, HPV, dan aneka infeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.