Sukses

6 Jenis Makanan yang Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Makanan yang akan membuat Anda terlelap adalah yang mengandung tryptophan.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan tertentu sebelum tidur bisa membuat Anda terjaga semalaman. Tapi sebetulnya ada juga jenis makanan yang bisa membuat Anda tertidur pulas.

Makanan yang akan membuat Anda terlelap adalah yang mengandung tryptophan (asam amino yang berubah menjadi zat kimia otak yang membuat rileks seperti serotonin dan melatonin), karbohidrat dari gandum utuh yang meningkatkan produksi serotonin, mineral seperti kalsium dan magnesium, dan beberapa herbal yang memberi efek menenangkan.

Berikut enam jenis makanan yang bisa Anda konsumsi agar tidur lebih nyenyak, dilansir dari laman Sleep.org, Rabu (13/4/2016):

1. Separuh pisang dan segenggam almond

Kombinasitryptophan, karbohidrat, dan magnesium dan menenangkan bisa membuat Anda mengantuk. Jika tak suka pisang, Anda bisa menggantinya dengancherry, buah ini juga merupakan sumber alamimelatonin. 

2. Biskuit gandum utuh dan selai kacang

Ini merupakan paduan yang sempurna (tryptophan dan karbohidrat kompleks) yang akan membuat Anda mendengkur nyaman.

3. Segelas susu hangat

Minum segelas susu hangat sebelum tidur membantu Anda terlelap lebih nyenyak. Susu mengandung tryptophan, kalsium, dan magnesium.

Anda cukup meminum susu hangat dalam takaran mug kecil untuk mendapat manfaatnya.

4. Semangkuk sereal dengan susu

Tryptophan, kalsium, dan magnesium dalam susu yang dipadukan dengan karbohidrat dan magnesium dari sereal ampuh membuat Anda mengantuk. Pilihlah sereal dengan kandungan gula sedikit sehingga tak meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan.

5. Setengah porsi sandwich kalkun

Pilih roti gandum utuh yang kaya karbohidrat kompleks dan magnesium lalu tambahkan daging kalkun (sumber tryptophan) untuk mendapatkan tidur nyenyak.

6. Secangkir teh herbal

Teh chamomile, passionflower, dan teh valerian memiliki efek sedatif. Untuk efek lebih menenangkan, Anda bisa menambahakn satu sendok teh madu (mengandung tryptophan). Namun, sebaiknya Anda menghindari teh ginseng karena memiliki efek stimulasi.

Pastikan Anda tak mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.