Sukses

SADARI, Cegah Kondisi Serupa Pevita Pearce pada Gadis Remaja

Yang harus dilakukan para gadis remaja sejak mendapatkan menstruasi adalah SADARI (periksa payudara sendiri) agar tak seperti Pevita Pearce

Liputan6.com, Jakarta Pengakuan Pevita Pearce yang telah cukup lama mengidap tiga tumor payudara di akun Snapchat pada Senin, 11 April 2016, mungkin membuat para penggemar tidak percaya. Selama ini tidak terlihat Pevita tengah berobat atau melakukan kegiatan apa pun yang menyiratkan ia terserang tumor payudara.

Ingin sekali menginspirasi para perempuan di Indonesia agar rutin medical check up menjadi alasan Pevita, yang pernah berperan sebagai Haryati di film "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" (2014), akhirnya berani membongkar rahasia tersebut. Dengan rutin medical check up, perempuan jadi tahu apakah ia mengidap tumor atau tidak. Kalau pun iya, tumor tersebut masih bisa diangkat lewat jalan operasi sehingga tidak melebar menjadi kanker. 

Niat baik Pevita Pearce dibenarkan Anggota Komite Penanggulangan Kanker Nasional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Drajat R Suardi SpB(K)Onk. "Tepat sekali (langkah itu). Jadi, yang harus dilakukan para gadis remaja sejak mendapatkan menstruasi adalah SADARI (periksa payudara sendiri). Dan bila merasakan ada sesuatu yang tidak biasa, segera memeriksakan kondisi itu ke dokter," kata Drajat saat dihubungi Health Liputan6.com pada Selasa (12/4/2016).

Biasa atau tidak biasanya kondisi payudara, jelas Drajat, baru bisa dirasakan apabila gadis remaja tersebut memang rutin memeriksakan diri sendiri setiap bulannya. "Begitu dia merasakan ada yang tidak biasa, jadinya lebih aware," ujar Drajat.

Namun, pada orang yang tidak biasa melakukan SADARI, menjadi tidak tahu kalau ternyata sudah ada kelainan sejak dulu. "Biasanya, kelainan berupa hidroadenoma dirasakan sebagai benjolan terbatas tegas, kenyal, tidak nyeri, dan mudah bergeser dari tempatnya. Jadi kalau dipegang bisa goyang. Dari tempat ini bisa kegeser ke tempat lain," kata Drajat yang juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI).

Pevita Pearce sudah menjalani operasi pengangkatan tumor payudara tadi pagi di Malaysia. Operasi berjalan lancar. Menurut Drajat, bila tumor payudara diangkat secara total, maka tingkat kesembuhan Pevita Pearce bisa 100 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini