Sukses

5 Cara Tepat Atasi Stres bagi Pekerja

Mengeola stres di tengah kesibukan memang memiliki kesulitan tersendiri. Simak lima langkah alami untuk atasi stres Anda!

Liputan6.com, Jakarta Untuk sebagian pekerja yang memiliki jadwal kerja padat sering kali kesulitan untuk mengelola stres mereka sehingga berdampak pada kesehatan mereka.

Seperti dilansir laman Hello Magazine, Selasa (12/4/2016) Susie Perry Debice seorang Nutritional Therapist berbagi kiat efektif dalam menangani stres dengan cara alami.

Sebelum menangani kondisi stres, Anda perlu untuk menyadari terlebih dahulu bagaimana gejala stres yang melanda, seperti tekanan darah tinggi, kelelahan, kecemasan, hingga masalah pencernaan.

1. Berada di luar ruangan kala siang hari

Salah satu hormon yang dapat membantu manusia mengembalikan perasaannya atau keluar dari kondisi stres disebut dengan serotonin dan hormon ini akan diproduksi dengan baik saat siang hari.

Beberapa orang mengalami Seasonal Affective Disorder (BAD) di mana kondisi tersebut disebabkan oleh kadar serotonin yang rendah. National Heatlh Service (NHS) merekomendasikan untuk individu melakukan aktivitas di siang hari sebanyak mungkin, misal dengan berjalan kaki ke luar gedung atau ruangan untuk makan siang.

2. Makan makanan yang menyenangkan

Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan serotonin bisa Anda lakukan setiap hari untuk menanggulangi rasa stres.

Dengan mengonsumsi makanan dari protein yang disebut tryptophan yang ada dalam kalkun, ayam, ikan, avokad, pisang, keju, kenari, kuaci, dan beras merah akan membantu Anda untuk mengolah stres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah tangani stres secara alami

3. Tidur di malam hari

Perlu diingat bahwa stres berkepanjangan terjadi akibat pola tidur yang berantakan. Saat kondisi stres melanda seseorang, normalnya tubuh dan pikiran harus mendapatkan istirahat yang cukup dan tepat. Mengubah pola tidur sebelum jam sepuluh malam dapat membantu tubuh mengembalikan energi di pagi hari.

Jika Anda kesulitan untuk tidur siasatilah dengan cara membaca buku, memasang aroma terapi berbau lavender di kamar, dan tentunya menghindari gadget Anda.

4. Diet seimbang

Biasakan memulai pagi Anda dengan sarapan. Konsumsi susu almond atau buah-buahan adalah menu yang tepat di pagi hari.

Dengan menjaga asupan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga dapat dilakukan untuk mengatur diet sehari-hari. Terpenting pastikan tubuh Anda mendapatkan vitamin yang cukup setiap harinya, serta menghindari junk food yang dapat memperburuk kualitas diet Anda.

5. Cukupi tubuh dengan vitamin C

Kunci sukses melawan dan menghindari kondisi stres dengan mencukupi tubuh Anda dengan vitamin C, sebab vitamin C mampu membantu melawan infeksi dengan baik.

Studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin C rendah tidak dapat mengatasi stres dengan tepat yang menyebabkan hormon stres dapat meningkat. Dengan meningkatkan asupan vitamin C dari beragam makanan dan suplemen tambahan dapat membantu Anda mengelola stres setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini