Sukses

Orang yang Senang Menonton Acara Reality Show Cenderung Narsis

Jika senang menonton acara Keeping Up with the Kardashians, bisa jadi Anda memiliki sifat narsis alias cinta dan memuja diri sendiri.

Liputan6.com, London - Banyak studi yang mengatakan kehadiran media sosial mengubah perilaku masyarakat jadi lebih narsis. Apalagi kehadiran media sosial foto, seperti Instagram, membuat orang jadi menampilkan dirinya.

Namun studi terbaru mengungkapkan bukan hanya media sosial saja yang membuat orang-orang kini lebih narsis. Kehadiran tayangan televisi program reality show seperti Keeping Up with the Kardashians ternyata terkait dengan narsisnya orang zaman sekarang, seperti tertulis dalam studi yang dipublikasikan dalam Psychology of Popular Media Culture ini.

Hal ini diketahui lewat studi dari University of Pennsylvania dan Ohio State University yang menemukan keterkaitan erat antara tingkat narsis dan frekuensi jumlah menonton tayangan televisi tertentu.

Peneliti, yakni Robert Lull dan Ted Dickinson, menemukan korelasi antara narsis dengan kebiasaan menonton tayangan reality show, acara olahraga, bincang politik, dan film horor seperti mengutip laman Independent, Senin (11/4/2016).

Penelitian sebelumnya juga pernah menemukan hubungan potensial antara narsis dengan reality show. Menurut peneliti yang juga psikolog, W. Keith Campbell, alasan level narsis mereka tinggi karena acara tersebut menghibur dan sesuai dengan karakter mereka yang juga senang menampilkan dirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini