Sukses

Hamil, Ini yang Dikhawatirkan Mulan Jameela

Masa keguguran menjadi hal yang paling menyedihkan dan Mulan Jameela pun pernah mengalaminya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita tentu tak ingin alami kegagalan saat hamil. Demikian pula halnya yang terjadi pada istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela. Penyanyi cantik ini mengaku sebelumnya pernah mengalami keguguran. 

"Sedih ya pastinya, kepikiran gitu. Sampai di usia kehamilan ini, yang ke berapa gitu ya, aku masih ada traumanya," ucapnya.

Keguguran yang dialami wanita usia 36 tahun ini menyisakan rasa kesedihan yang cukup mendalam dan butuh waktu untuk mengembalikan kondisi ini. 

"Aduh.. Pokoknya butuh waktu lama banget deh buat ngebalikin semuanya", ungkapnya kepada Health-Liputan6.com, seusai menjadi bintang tamu di acara Dear Haters, Kamis (07/4/2016).

Mengatasi masa sulit setelah keguguran memang tak semudah membalikkan telapak tangan, seperti dilansir laman Live Science. Ada beberapa kiat yang perlu diketahui para wanita untuk mengatasi kondisi pascakeguguran. Menurut Kristen Swanson, seorang profesor sekaligus dekan keperawatan dari Seattle University, beberapa kiat tersebut antara lain :

- Wanita harus menghindari kehamilan secara langsung setelah keguguran, sebab, mental harus dipersiapkan terlebih dulu sehingga emosi dan kondisi batin di kehamilan selanjutnya lebih tertata dan stabil.

- Wanita yang tengah mengalami keguguran harus menstruasi terlebih dahulu sebelum mencoba untuk hamil lagi.

- Kesedihan akibat keguguran merupakan hal biasa. Untuk menanganinya, para wanita harus didampingi seseorang yang dipercaya sebagai teman dan pendengar yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini