Sukses

Berisiko Diabetes, Menkes Nila Moeloek Kurangi Porsi Makan Malam

Memiliki ayah dan ibu yang terkena diabetes, membuat Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek berisiko terkena diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki ayah dan ibu yang terkena diabetes, membuat Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek berisiko terkena diabetes. Selain itu, dua kakak dan satu adiknya pun sudah terkena diabetes.

Tak ingin terkena penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah akibat gangguan pada pankreas dan insulin ini, wanita berdarahMinang ini melakukan beberapa tindakan pencegahan. 

"Caranya dengan (menjaga) pola makan. Makan pagi tetap kan agar tubuh berenergi, makan siang juga, nah saat makan malam saya kurangi porsinya," tutur Nila usai memberikan sambutan dalam peringatan Hari Kesehatan Sedunia di Kementerian Kesehatan pada Kamis (7/4/2016).

Ia juga mengurangi makanan yang berasal dari daerahnya yang terkenal kaya santan dan berlemak. "Saya akui memang makanan Minangkabau itu enak-enak sekali tapi kan nggak tiap hari makan itu," kata istri Faried Anfasa Moeloek ini.

Untuk camilan pun kini ia menghindari kue dan menggantinya dengan buah. Bahkan, Nila pun mengingatkan agar camilan yang ada di kantor Kementerian Kesehatan bukan kue melainkan buah.

Lalu, di tengah jadwalnya yang padat Nila tak lupa menyempatkan untuk berjalan kaki. "Olahraga yang saya lakukan murah, saya jalan kaki," tandas Nila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini