Sukses

Mudah dan Murah, Ini Pentingnya Berjalan Kaki

Dari seluruh bentuk olahraga, berjalan kaki merupakan bentuk yang paling istimewa.

Liputan6.com, Jakarta Dari seluruh bentuk olahraga, berjalan merupakan bentuk yang paling istimewa. Hampir semua orang, mulai dari usia 3 tahun hingga 80 tahun, memiliki kemampuan yang diperlukan untuk berjalan kaki walaupun jarak dekat.

Berjalan bisa dilakukan sendiri atau bersama teman. Ketika berbincang sembari berjalan juga digemari. Kesendirian ketika berjalan juga memberikan kenyamanan yang sama. Berjalan dalam jarak dekat dengan mengitari blok rumah bisa dilakukan bahkan dalam keadaan sesibuk apa pun. Dan yang terbaik dari semuanya, berjalan sangat jarang menimbulkan cedera.

Butuh alasan lain? Dengan meningkatkan aktivitas fisik, secara signifikan Anda akan mengurangi risiko terhadap penyakit kronis dan kematian prematur.

Olahraga ringan yang rutin membantu mencegah tekanan darah tinggi dan meningkatnya berat badan. Ada juga penelitian yang mengindikasikan aktivitas fisik bisa melindungi dari penyakit jantung, stroke, kanker payudara dan usus besar, diabetes tipe 2, osteoporosis, serta depresi.

 

Bahkan mereka yang sudah mengidap penyakit kronis bisa memperoleh manfaat dengan menjadi aktif secara fisik. Berjalan kaki dan bentuk lainnya dari berolahraga bisa mengurangi bahaya dari penyakit dengan mengurangi gejala-gejala yang ada, yang dapat membantu Anda mengaturnya lebih baik lagi.

Dilansir dari Medical Daily, Kamis (7/4/2016) begini cara memulainya:

Kenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang mendukung.

Sepatu untuk berjalan sederhananya adalah sepatu yang ringan, fleksibel, dan mempunyai bahan untuk sirkulasi udara serta bantalan pada tumitnya. Sepatu lari mempunyai bantalan tambahan, namun kecuali Anda merencanakan melakukan sedikit jogging, sepatu umum universal cukup aman untuk Anda gunakan. Bawalah sebotol air jika Anda ingin, walaupun tidak terlalu penting.

Janganlah melakukannya berlebihan ketika pertama kali memulainya. 

Ketika Anda memaksakannya, Anda tidak akan melakukannya lagi di kemudian hari. Jadi mulailah dengan jarak yang cukup dan membuat Anda nyaman. Jangan lupa untuk meningkatkan jaraknya setelah lewat seminggu Anda melakukannya. Untuk sederhananya, jika Anda lebih nyaman melakukannya selama 1-20 menit dibandingkan dengan jarak yang jauh, lakukan saja. Aktivitas fisik seringan apapun lebih baik daripada tidak sama sekali, menurut rekomendasi Asosiasi Jantung Amerika. Jangan lupa untuk memilih jalur berjalan Anda yang jauh dari polusi.

Mengubah medan dan tempo berjalan

Merubah kecepatan berjalan juga dapat membangun daya tahan Anda untuk berjalan lebih lama, sementara berjalan di perbukitan dapat mempertegas tampilan kaki Anda. Berjalan di treadmill mungkin tidak terlalu memuaskan, namun jika cuaca buruk dan hanya itu yang bisa Anda lakukan, mengapa tidak? Jangan lupa untuk melakukan peregangan sebelum dan sesudah berjalan.

Jadikan sebagai bentuk petualangan

Berjalan juga bisa menjadi bertualang, yang bisa membuat Anda mempelajari segala sesuatu yang ada di sekitar Anda, jadi selagi berjalan perhatikanlah apa yang terjadi di sekitar Anda. Cobalah untuk tetap berada pada jalur yang biasa dilewati orang banyak untuk menghindari bahaya yang tidak perlu.

Terakhir untuk diingat, tidak ada peraturan dalam melakukan aktivitas ini. Mulailah dengan jarak sesuka Anda, kecepatan yang membuat Anda nyaman, dan waktu yang sesuai dengan Anda, dan mulailah dari itu semua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.