Sukses

10 Cara Turun Berat Badan Tanpa Kerja Keras

Untuk bisa menurunkan berat badan, biasanya dibutuhkan kerja keras dan disiplin. Mulai dari rajin berolahraga sampai menghitung kalori.

Liputan6.com, Jakarta Untuk bisa menurunkan berat badan, biasanya dibutuhkan kerja keras dan disiplin. Mulai dari rajin berolahraga sampai menghitung kalori.

Namun, jika Anda tak punya waktu--atau tak punya cukup disiplin--10 trik mudah ini bisa Anda terapkan setiap hari untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Pop Sugar, Rabu (6/4/2014), inilah 10 trik tadi:

1. Selalu mulai makan Anda dengan satu gelas air

Hal ini akan membuat Anda selalu terhidrasi dan merasa langsung kenyang, sehingga Anda tak akan makan kebanyakan.

2. Lakukan perubahan mudah untuk setiap makanan

Misalnya dengan menggunakan dressing salad rendah kalori, mengonsumsi sayur yang direbus tanpa kuah kacang, memilih buah-buahan segar dan bukannya buah kering atau jus.

Perubahan kecil ini tanpa disadari bisa mengurangi asupan kalori Anda sampai 80 kalori.

3. Cokelat hitam untuk makanan penutup

Daripada memilih biskuit atau wafer, gantilah makanan manis Anda dengan cokelat hitam. Awalnya mungkin hal ini akan terasa tak terlalu memuaskan, tapi seiring kecanduan gula Anda berhenti, Anda akan bisa mengurangi kalori dan menikmati cemilan nikmat yang sehat.

4. Rajin mengontrol porsi

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pastikan porsi makan Anda benar. Ukur banyaknya cemilan Anda sebelum mengonsumsinya, dan tak langsung memakannya dari kantongnya.

Gunakan piring yang lebih kecil untuk memberi sinyal secara visual bahwa makanan Anda akan mencukupi. Lalu jauhkan makanan sisa sehingga Anda tak tergoda untuk memakannya lagi.

5. Lebih banyak bergerak

Bahkan walaupun Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga, Anda bisa membakar beberapa kalori ekstra dengan cara lebih banyak bergerak sepanjang hari.

Rehat sejenak dari pekerjaan, dan berjalanlah keliling kantor. Pilihlah tangga daripada lift, dan parkirlah lebih jauh dari gedung kantor sehingga Anda mau tak mau harus berjalan lebih banyak.

6. Jangan minum kalori Anda

Salah satu alasan paling umum Anda tak bisa menurunkan berat badan adalah karena kalori yang berasal dari minuman Anda, seperti misalnya soda dan jus botolan.

Pilihlah air yang diberi rasa dari bahan-bahan segar alami, seperti timun, lemon, atau mint, untuk mencegah asupan kalori ekstra.

7. Jangan lapar terlalu lama

Sedikit rasa lapar baik untuk Anda, tapi kelaparan sepanjang hari demi bisa makan makanan manis favorit saat malam tidaklah sehat.

Makan dan mencemillah secara teratur untuk menghindari rendahnya gula darah.

8. Konsumsi cemilan tinggi protein dan serat

Ketika tiba waktunya untuk cemilan, pastikan makanannya baik untuk Anda. Jauhi cemilan kosong tinggi kalori, seperti keripik atau crackers, dan pilihlah cemilan tinggi protein dan serat

Hal ini bisa membuat Anda bisa mengurangi sampai 150 kalori sehari.

9. Makanlah makan malam ringan

Cobalah mengurangi porsi makan malam Anda sampai hanya 25 persen dari asupan kalori harian. Makanlah setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur.

Makan terlalu banyak terlalu larut bisa mengganggu pencernaan dan tidur Anda.

10. Tidur lebih banyak

Kurang tidur bisa membuat Anda makan lebih banyak keesokan harinya. Hal ini juga akan membuat Anda tidak memiliki energi untuk berolahraga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini