Sukses

Alami Infeksi Saluran Kemih? Coba Konsumsi Yogurt Setiap Hari

Kandungan bakteri baik dalam yogurt dapat mencegah pertumbuhan Infeksi Saluran Kemih (ISK) pada wanita

Liputan6.com, Jakarta Buah cranberry, yang berfungsi sebagai salah satu bahan paling efektif untuk mengatasi masalah infeksi saluran kemih (ISK), memang tak mudah ditemukan di sejumlah negara - terlebih harganya juga cukup mahal.

Melansir laman The Health Site, Rabu (6/4/2016), menambahkan semangkuk yogurt dalam menu makanan setiap hari dapat membantu mencegah ISK,  sekaligus mencegah kambuhnya infeksi pada penderita ISK.

Mungkin sebagian dari Anda mempertanyakan apa pengaruh dari yogurt untuk mengatasi infeksi saluran kemih ini. ISK yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang meningkat di wilayah urogenital (organ-organ saluran kemih) dapat diturunkan dengan kandungan probiotik alami dari yogurt.

Kehadiran lactobacillus atau bakteri baik dalam yogurt pun tidak hanya membantu menghilangkan bakteri berbahaya, tetapi juga dapat mengubah sifat flora bakteri fecal yang dapat menurunkan risiko berulang dari ISK.

Para ahli pun merekomendasikan untuk mengonsumsi semangkuk yogurt setiap harinya khusus para penderita ISK. Menurut sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Journal American Society for Clinical Nutrition, mengonsumsi produk susu fermentasi lebih dari tiga kali seminggu membantu dalam mengurangi gejala ISK.

Mengonsumsi yogurt setiap hari juga harus diimbangi dengan meminum delapan gelas air putih sehari untuk membuang racun berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.