Sukses

Pertolongan Pertama Ketika Digigit Ular

Kisah penyanyi dangdut Irma Bule yang tewas karena digigit ular kian menarik perhatian publik.

Liputan6.com, Jakarta Kisah penyanyi dangdut Irma Bule yang tewas karena dipatuk ular kian menarik perhatian publik. Penyanyi yang kerap membawa ular saat beraksi di panggung ini bisa dibilang tidak menyadari bahaya dipatuk ular. Kisah ini menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk menyadari bahaya bisa ular. 

Untuk menyelamatkan diri setelah dipatuk ular, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum kesulitan bernapas atau kehilangan kesadaran. Simak langkah-langkah pertolongan pertama setelah dipatuk ular, seperti dikutip WebMD, Selasa (5/4/2016) berikut ini:

1. Jauhkan ular dengan orang tersebut.

2. Jaga dia supaya tetap tenang dan diam untuk menjaga racun tidak menyebar.

3. Tutup luka dengan perban steril.

4. Buka sepatu jika kaki tergigit.

5. Jangan mencoba untuk menghisap racun.

6. Jangan menerapkan es atau air

7. Jangan memberikan alkohol atau minuman berkafein atau obat lain

Tindak Lanjut

Jika Anda terpatuk ular di rumah, segera hubungi petugas kesehatan. Dia mungkin memerlukan suntikan tetanus. Di rumah sakit, perawatan akan diberikan tergantung pada jenis ular. Jika ular itu berbisa, orang tersebut akan diberikan pengobatan anti-racun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.