Sukses

Tanpa Disadari Bayi Anda Belajar Sendiri Setiap Hari

Perkembangan anak dari tahap bayi hingga balita melewati beragam proses, namun tanpa disadari si kecil belajar sendiri setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Tumbuh kembang anak tentunya berjalan secara bertahap setiap harinya. Bahkan tanpa disadari si Kecil selalu belajar sendiri setiap hari.

Menurut para ahli, bayi selalu belajar banyak hal di setiap harinya mulai dari meraba benda-benda di sekitarnya untuk melatih motorik mereka hingga belajar merasakan berbagai jenis makanan yang mereka makan.

Mengutip laman Boldsky, Selasa (05/4/2016) orangtua harus memperhatikan setiap gerak anak dan temukan hal-hal menarik bahwa anak Anda belajar setiap hari.

- Belajar berjalan

Setiap hari anak tidak bosan mencoba berjalan dengan merembet pada dinding hingga terjatuh lagi dan lagi. Fase ini menunjukkan bahwa anak belajar dengan sendirinya tanpa perlu ibu dan ayah memerintah atau memandu si Kecil setiap saat.

Bahkan sebelum orangtua mengajari si Kecil untuk berdiri, mereka dengan sendirinya selalu mengambil langkah pertama dalam menapakkan kaki mereka untuk berdiri.

- Berbicara sendiri

Saat mendengar suara atau mendengar percakapan antara orang di sekelilingnya, secara tak sadar si Kecil belajar untuk meniru ucapan orang di sekitarnya. Biasanya kata-kata yang sering mereka ucapkan ialah kata-kata yang sering mereka dengar setiap harinya.

- Meniru tingkah laku

Saat si Kecil mulai memasuki masa pertumbuhan, orang-orang dewasa di sekitarnya perlu berhati-hati dalam melakukan segala sesuatu. Sebab, anak dalam masa pertumbuhan, terlebih di tahun pertama, proses belajar mereka berasal dari apa yang sering mereka lihat setiap harinya.

Menyiasati hal ini, bersikaplah baik untuk mengajari anak secara tidak langsung, misalnya dengan mengajari anak untuk makan atau minum sendiri atau membiasakan anak makan di meja makan. Dengan begitu anak akan belajar lebih baik lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini