Sukses

Ini yang Terjadi Jika Anda Makan Besar Satu Jam Sebelum Tidur

Pilihlah makanan dengan porsi kecil dan dapat dicerna tubuh jika Anda terlambat makan dan ingin tidur lebih nyenyak di malam hari

Liputan6.com, Jakarta Semakin tinggi karier seseorang semakin sulit pula bagi mereka untuk makan tepat waktu, termasuk makan malam. Manfaat dari makan malam tiga atau empat jam sebelum tidur cegah perut jadi buncit. Namun, rata-rata dari mereka yang tergolong sibuk itu, baru sempat makan malam satu atau dua jam sebelum tidur.

Para ahli mengatakan makan besar sebelum tidur memiliki pengaruh negatif terhadap kemampuan seseorang untuk tidur nyenyak. "Maka itu, makan sebelum tidur tidak dianjurkan sama sekali," kata Pakar Tidur dari Stanford University, Dr Maurice Ohayon dikutip dari Daily Mail, Selasa (5/4/2016). 

Makanan menjadi sulit dicerna bila sehabis makan seseorang memutuskan untuk langsung tidur. Sebab, lanjut Maurice, cara paling efektif agar makanan tercerna sempurna adalah dengan berdiri.

Dr Janet Kennedy, pakar tidur dari New York City menambahkan, makan makanan besar sebelum tidur apalagi makanan pedas dapat memicu refluks asam. "Ketika tubuh Anda mencerna, ketika metabolisme Anda aktif di malam hari, tidur Anda tidak akan nyenyak," kata dia.

Jika memang Anda terlambat makan malam, pilihlah makanan porsi kecil dan dapat dicerna tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini