Sukses

Tips Sehat Jaga Kesuburan Pria

Tak hanya wanita, pria juga butuh melakoni gaya hidup sehat untuk menjaga kesuburan dan kualitas spermanya.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya wanita, pria juga butuh melakoni gaya hidup sehat untuk menjaga kualitas sperma. Jadi masuk akal, pilihan makanan seorang suami memengaruhi kemungkinan istrinya untuk hamil.

Laman babycentre.co.uk melaporkan, pengaruh kesuburan cenderung dipengaruhi oleh 30 persen dari laki-laki, 29 persen dari perempuan, 10 persen kombinasi keduanya, 5 persen faktor lain dan 24 persen lainnya tidak bisa dijelaskan.

Meskipun tidak ada banyak penelitian mengenai diet untuk meningkatkan kesuburan pria, namun mengonsumsi makanan seimbang akan menjadi penentu kondisi sperma. Beberapa makanan yang menjadi rekomendasi seperti karbohidrat, daging, ikan, kacang-kacangan, susu dan yoghurt, banyak buah dan sayuran.

Beberapa vitamin dan mineral juga memainkan peran dalam membantu pembuahan, seperti vitamin D, folat (vitamin B9), vitamin C, E dan beta karoten-bentuk vitamin A, seng dan selenium disebut dapat meningkatkan kualitas sperma yang buruk. 

Agar pasangan hamil, pria juga dituntut memiliki berat badan yang ideal dan berolahraga secara teratur. Karena kelebihan berat badan dapat mempengaruhi kemampuan sperma Anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.