Sukses

Kini Gemuk Juga Bisa Sehat

Dulu tubuh gemuk dan sehat dianggap mitos. Kini para peneliti dari Spanyol telah menemukan bahwa gemuk dan menjadi sehat bisa terwujud.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, tapi memiliki metabolisme yang baik karena rutin olahraga, kecil kemungkinan Anda untuk meninggal dunia di usia muda.

Dulu tubuh gemuk dan sehat dianggap mitos. Kini para peneliti dari Spanyol telah menemukan bahwa gemuk dan menjadi sehat bisa terwujud.

Para peneliti melihat sekelompok pekerja yang mengalami obesitas dan jarang sakit karena metabolismenya senantiasa baik. Saat diuji mereka tidak memiliki peradangan atau apa pun hal-hal yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Orang gemuk tapi rajin olahraga, memerhatikan asupan makanan, tidak merokok, tidak minum minuman alkohol, dan tidak begadang rata-rata tidak menunjukkan perubahan sinyal insulin mereka. Hal ini memungkinan insulin menarik gula dalam darah ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi.

Sebab, memiliki BMI tinggi, menjadi lebih tua, kolesterol tinggi, merokok, minum minuman alkohol, dan tidak pernah latihan sama sekali adalah faktor yang paling sering dikaitkan dengan hidup menjadi tidak sehat.

Seperti dikutip dari situs Daily Mail, Senin (4/4/2016), penulis utama penelitian tersebut Albert Goday mengatakan orang gemuk tapi sehat bisa berada pada risiko yang lebih rendah mengidap diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung dibanding orang dengan bentuk tubuh yang kerap dianggap sehat.

Maka itu, gemuk pun bisa tetap sehat asal memerhatikan pola latihan, pola makan, dan pola hidup sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.