Sukses

Awas, Obat-obat Ini Bisa Turunkan Libido

Beberapa jenis obat memiliki kandungan yang dapat menyebabkan menurunnya gairah seks Anda.

Liputan6.com, Jakarta Obat umumnya dikonsumsi untuk membuat hidup menjadi lebih sehat, terutama bagi mereka yang menderita penyakit tertentu. Namun kenyataannya sebagian jenis obat dapat membuat seseorang mengalami penurunan gairah seks.

Lauren Streicher, MD, Profesor Obstetri dan Ginekologi di Northwestern Memorial Hospital, Chicago menjelaskan, beberapa obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka panjang dapat membunuh gairah seksual.

Seperti misalnya obat-obatan di bawah ini:

Obat kontrasepsi

Melansir Fox News, Senin (4/4/2016), obat kontrasepsi seperti pil KB yang dikonsumsi dalam jangka waktu lama dapat membuat wanita mengalami penurunan gairah seks yang drastis. Hal ini dikarenakan obat kontrasepsi dapat meningkatkan kadar sex-hormone-binding globulin (SHBG) pada perempuan. SHBG menurunkan jumlah testosteron yang beredar bebas dalam aliran darah dan menurunkan libido atau gairah seksual.

Obat antidepresan

Beberapa obat antidepresan dapat membunuh gairah, seperti, salah satunya Serotonin Selective Reuptake Inhibitor. Oleh karena itu sangat jarang dokter yang meresepkan SSRI pada pasiennya. Mereka menggantinya dengan memberikan Wellbutrin, yang dapat meningkatkan hormon dopamin dan bertindak sebagai ‘penangkal SSRI’.

Obat diabetes

Baik diabetes sendiri maupun obat yang digunakan untuk mengobatinya dapat mengurangi gairah seksual dan orgasme. Mengonsumsi obat diabetes bisa menyebabkan pria sulit ereksi dan impoten.

Anthistamin

Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati reaksi alergi, namun dampaknya dapat 'melumpuhkan' kemampuan seks Anda untuk sementara waktu. Karena tidak ada pengganti antihistamin yang lebih efektif, maka disarankan Anda memperhatikan waktu saat mengonsumsinya. Sebaiknya minum antihistamin 8-10 jam sebelum bercinta untuk menunggu efeknya hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini