Sukses

Minum Jeruk Nipis Tiap Pagi Tak Bantu Bakar Lemak

Pelaku diet mungkin sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat.

Liputan6.com, Jakarta Pelaku diet mungkin sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga menyediakan serat dan vitamin C yang dipercaya membantu menurunkan berat badan.

Sayangnya, dalam buku yang disusun para Ahli Kesehatan seperti Sudung O Pardede, Parlindungan Siregar, Hardinsyah dan Budi Iman Santoso bertajuk Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi, dijelaskan kalau hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan jeruk nipis dapat membakar lemak.

"Penelitian yang ada baru dilakukan pada tikus, polifenol yang ada pada jeruk lemon meningkatkan oksidasi β peroxisomal sehingga menekan peningkatan berat badan dan akumulasi lemak tubuh," ujar para pakar, seperti ditulis Senin (4/4/2016).

Jika orang yang minum jeruk nipis setiap pagi mengalami penurunan berat badan, hal ini dikarenkan dengan mengonsumsi air jeruk nipis, perut sudah kenyang dan mengurangi asupan makanan.

Karena belum adanya bukti, cara ini tidak dianjurkan untuk mengurangi lemak tubuh, cara yang baik adalah dengan menjaga pola makan dan melakukan olahraga secara teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini