Sukses

Bipolar Bikin Marshanda Bisa Terkena Serangan Panik Mendadak

Sudah banyak mempelajari gangguan bipolar dan memahami dirinya, Marshanda miliki cara saat mendapat serangan panik atau panic attack.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kondisi gangguan bipolar membuat aktris Marshanda (26) bisa terkena serangan panik (panic attack) kapan saja. Ia pun sempat mengalami kondisi tersebut ketika berjalan-jalan di mal beberapa saat lalu.

Namun aktris yang akrab disapa Caca ini sudah menyadari dengan baik akan kondisinya. Ia pun sudah memiliki cara untuk menangani jika terkena serangan itu. Ia berpesan kepada orang-orang yang biasa di dekatnya untuk menanyakan jika terjadi perubahan perilaku misalnya mendadak marah-marah.

"Aku bilang sama mama kalau aku pas lagi marah-marah untuk tanya 'Ca ini panic attack bukan?'. Saat ditanya seperti itu membuat aku berpikir ini benar-benar panic attack atau memang marah-marah yang normal. Lalu, jika itu panic attack aku akan ditanya lagi 'Ini panic attack level berapa Ca?'," tutur Marshanda saat tampil di acara "Bipolar World Day" di Kemdikbud, Sabtu (2/4/2016).

Cara tersebut pernah diterapkan pada saat berjalan-jalan ke mal, tiba-tiba hadir serangan panik dan dia menyadari setelah ditanyai ibunya.

"Saat itu aku merasa, 'Iya, Ma ini panic attack. Sekarang level 6, dan kayaknya bakal naik terus. Kemudian aku langsung buru-buru ke mobil. Dan levelnya memang terus naik," cerita Marshanda saat menjadi narasumber dalam acara yang digelar Bipolar Care Indonesia ini.

Menurut Marshanda dengan ditanyai seperti itu membuat dirinya bisa menyadari dan menerima adanya panic attack.

"ODB (Orang Dengan Bipolar) itu mendewasakan kita being OK with not being OK," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Marshanda (Gempur M. Surya/Liputan6.com)
    Marshanda adalah artis sekaligus penyanyi yang mengawali karirnya sejak kecil di dunia hiburan Indonesia.

    Marshanda

  • Serangan panik (panic attack) adalah serangan perasaan takut yang terjadi secara mendadak dan tiba-tiba.Muncul tanpa alasan yang tidak jelas

    serangan panik

  • Gangguan bipolar merupakan salah satu jenis gangguan kejiwaan yang ditandai dengan perubahan atau gangguan mood yang ekstrem.

    Gangguan Bipolar

  • Panic attack