Sukses

5 Perenggangan Ini Bebaskan Tubuh Setelah Nyeri Seharian

Gerakan peregangan berikut ini dapat meringankan rasa nyeri ataupun pegal saat duduk kelamaan atau perjalanan jauh.

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas yang padat mengakibatkan tubuh sering merasakan nyeri sendi atau tubuh yang pegal, terlebih pada kondisi perjalanan panjang baik darat dan udara, hingga duduk sepanjang hari di depan layar komputer.

Kondisi tersebut menjadi masalah umum seseorang yang mendapatkan tulang bagian belakang atau punggung menjadi nyeri, sehingga mengganggu dan tak nyaman. Seperti dikutip laman Mind Body Green, Kamis (31/3/2016) mengambil beberapa menit tambahan di tengah aktivitas untuk meregangkan tubuh dengan cara berikut, dapat meringankan tubuh dari rasa nyeri dan pegal.

1. Chest opener

Gerakan ini dilakukan dengan posisi duduk atau berdiri dan meletakkan jari-jari di antara tulang belikat, diiringi dengan menarik dan membuang napas.

Bawa kedua tangan pada sisi kiri pinggang untuk mendapatkan bahu yang rileks, lalu menarik siku secara bersamaan. Ulangi gerakan berikut di sisi lain.

2. Talasana

Peregangan ini dilakukan dengan posisi berdiri dan letakkan jari-jari ke atas lalu tarik perlahan beberapa kali. Posisi ini pun dapat dilakukan dengan posisi duduk jika Anda berada di dalam ruangan sempit atau di pesawat.

3. Side Stretch

Langkah peregangan ini dimulai dengan menghirup udara disertai dengan lengan dan kepala yang mengarah ke bagian atas. Lakukan peregangan ini dengan kedua arah berlawanan, dan rasakan peregangan yang berkontraksi juga pada perut yang tertarik.

4. Salamba Anuvittasana

Ambil posisi berdiri dan letakkan posisi kaki selebar dengan pinggul Anda. Letakkan tangan pada pinggang, lalu hirup udara ke bagian belakang dan bawah.

Pastikan untuk menjaga seluruh tubuh bergerak pada posisi ini. Gunakan lengan untuk menjaga berat badan untuk menarik tulang ekor dan perut dengan tekanan kaki yang kuat.

5. Quad & Hip Flexor Stretch

Berdiri dan menempatkan tangan kiri pada kursi, pintu mobil, atau objek lain untuk menjaga stabilitas tubuh. Tarik kaki ke arah belakang dengan tangan yang lurus menarik kaki. Ulangi gerakan pada kedua sisi secara bergantian.

Latihan berikut sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari, selama 30 sampai 60 detik di setiap gerakan peregangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.