Sukses

Ingin Lebih Bahagia? Lakukan 9 Hal Ini

Sembilan saran agar lebih bahagia di bawah ini didukung oleh peneltian yang akurat

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tentu ingin hidup bahagia bukan? Ada banyak saran kebahagiaan yang telah Anda dengar. Namun sembilan saran agar lebih bahagia di bawah ini didukung oleh peneltian yang akurat, dilansir dari laman Popsugar, Kamis (31/3/2016):

1. Kurangi menonton tv

Individu yang tak bahagia cenderung lebih banyak menghabiskan waktu menonton tv, demikian menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Social Indicators Research.

2. Menua

Bila Anda melihat adanya helai-helai rambut memutih dan mulai merasakan perubahan fisik seiring bertambahnya usia, tak perlu merasa sedih dulu. Banyak studi menunjukkan bahwa kebahagiaan semakin terasa seiring bertambahnya usia.

3. Rencanakan liburan

Peneliti menemukan, hanya dengan merencanakan liburan saja sudah bisa meningkatkan kadar kebahagiaan. Kemungkinan besar bayangan terbebas dari rutinitas harian adalah penyebab meningkatnya rasa bahagia ketimbangbenars-benar berada di destinasi liburan yang sesungguhnya. 

4. Buat perubahan

Meski Anda telah melakukan hal-hal yang Anda sukai, jika dijalani secara rutin akan membuat kebahagiaan itu memudar. Sesekali melakukan perubahan seperti berhenti berganti hobi bisa membuat Anda tetap bahagia.

5. Kelilingi diri dengan orang yang juga bahagia

Menurut studi di Inggris yang diterbitkan jurnal BMJ, kebahagiaan menular. Jadi sebaiknya kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif. Ini tak berarti Anda harus benar-benar memutus hubungan dengan teman-teman yang kurang menyenangkan. Anda bisa membantu menyebarkan kebahagiaan dengan melakukan hal-hal yang bisa memperbaiki kualitas hidup mereka.

6. Nikmati alam

Melihat pemandangan hijau membantu otak beristirahat dari keriuhan suasana kota. Luangkan waktu untuk mendatangi taman-taman di kota untuk menikmati keindahan alam sekaligus meningkatkan kebahagiaan Anda.

7. Lakukan kegiatan kebudayaan

Kunjungi museum di akhir minggu nanti dan pelajari kebudayaan dengan cara menyenangkan. Sebuah studi dalam Journal of Epidemiology and Community Health menemukan, individu yang melakukan kegiatan kebudayaan lebih bahagia dan puas menjalani hidup ketimbang mereka yang tidak.

8. Miliki hewan peliharaan

Hewan peliharaan bisa meningkatkan rasa percaya diri, merasa dibutuhkan dan memiliki, serta merasakan keberadaan diri, jelas studi dalam Journal of Personality and Social Psychology,

9. Melakukan kegiatan amal

Melakukan kegiatan sosial dan amal memiliki manfaat tersendiri. Individu yang sering berderma atau menjadi sukarelawan cenderung lebih bahagia, begitu menurut studi yang dipublikasikan oleh jurnal Science.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini