Sukses

Meski Belum 5 Menit, Makanan yang Jatuh Jangan Diambil

Tak perlu waktu lama bagi bakteri E.coli dan Salmonella menempel pada makanan.

Liputan6.com, London - Saat ada makanan jatuh, beberapa orang mengambilnya lagi untuk dikonsumsi. "Belum lima menit," katanya. Meski belum lima menit bahkan lima detik sekalipun, makanan yang jatuh jangan diambil lagi untuk dimakan.

Makanan yang jatuh tetaplah kotor, bahkan bakteri berpotensi ada dalam makanan tersebut seperti diungkap dokter Lisa Ackerley. Sebut saja E.coli dan Salmonella. Tak perlu waktu lama bagi bakteri tersebut menempel di makanan.

Menurut profesor tamu dari Universty of Salford, Inggris, ini bakteri di rumah tidak bisa dilihat maupun dicium. Namun jumlahnya bisa bertambah hingga jutaan dalam tujuh jam.

"Bakteri dan virus tidak bisa dilihat atau dibaui. Namun mudah dihilangkan di temperatur tinggi. Ini artinya steman cleaning adalah cara membersihkan rumah terbaik," tutur Ackerley seperti dikutip laman Daily Mail, Rabu (30/3/2016).

Hewan peliharaan seperti anjing biasanya yang jadi pembawa bakteri di dalam rumah baik E.coli, Campylobacter dan Salmonella.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.