Sukses

4 Makanan Lezat yang Bisa Turunkan Nafsu Makan

Ada beberapa makanan lezat malah berdampak menurunkan nafsu makan, mulai dari daging tanpa lemak hingga salmon.

Liputan6.com, New York- Dalam benak kita makanan lezat itu bisa meningkatkan nafsu makan. Tapi ternyata ada beberapa makanan enak malah berdampak sebaliknya.

Secara umum, makanan tersebut membuat Anda kenyang lebih lama sehingga nafsu makan terjaga. "Mengonsumsi makanan yang membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras akan membuat Anda kenyang lebih lama dan membakar lebih banyak kalori," tutur ahli nutrisi Nolan Cohn.

Nah, berikut daftar makanan lezat namun bisa menurunkan nafsu makan seperti dikutip laman Prevention, Rabu (30/3/2016).

1. Daging tanpa lemak

Bila Anda ingin makan enak tanpa takut gemuk, coba konsumsi daging tanpa lemak. Daging merupakan sumber protein, ketika makanan seperti ini disantap membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Namun jika Anda tidak makan daging, bisa mengonsumsi sayuran lain yang kaya protein, misalnya kacang-kacangan seperti buncis. Juga sayuran hijau lain yakni bayam, brokoli, dan kale.

2. Almond

Omega 3 dalam kacang almond adalah salah satu obat alami yang bisa bantu lelah dalam tubuh berkurang. Selain kacang almond, beberapa biji-bijian juga sangat baik dalam menormalkan kembali stamina tubuh yang berkurang akibat kelelahan. (Istimewa)
Mengonsumsi segenggam almond akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga nafsu untuk makan pun tak banyak. Hal ini terbukti lewat studi tahun 2015 European Journal of Nutrition mengungkap wanita yang mengonsumsi almond pada pagi hari melaporkan perutnya terasa lebih kenyang. Alhasil pada siang dan malam hari mereka makan lebih sedikit.

3. Salmon

Salmon | Via: theotherbigo.ca
Makan ikan yang satu ini bisa membuat kenyang lebih lama karena tinggi kandungan asam lemak Omega-3. Hal ini meningkatkan hormon leptin di sistem tubuh. Menurut studi di jurnal Cell Metabolism pada 2013 kehadiran hormon leptin dapat menekan rasa lapar pada orang dengan berat badan sehat.

Selain salmon, sumber omega 3 juga bisa didapatkan dari tuna dan makarel.

4. Cabai merah

Peneliti dari Purdue University, Amerika Serikat menemukan bahwa cabai merah dapat menekan nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini