Sukses

Benarkah Ayah Marshanda Menderita Jadi Pengemis?

Liputan6.com, Jakarta Tujuh tahun lalu Irwan Yusuf terlihat begitu parlente. Wajah mulus, tubuh berbalut pakaian mahal, dan kalung melingkar di leher semakin memperlihatkan Irwan Yusuf memang pantas disebut sebagai ayah dari Marshanda.

Bukan tanpa sebab. Kala itu nama Marshanda masih bertengger sebagai artis sinetron berpenghasilan fantastis dan jam terbang pemeran Lala di sinetron Bidadari belum ada yang menandingi. Andai Irwan Yusuf bukan ayah kandung Marshanda, orang pasti mengatakan mereka berdua adalah pasangan ayah dan anak. Kemiripan wajah ayah dan anak kandungnya itu memang sulit dibantah ketika Irwan yang necis dan memiliki seorang adik bersuamikan konglomerat disandingkan dengan Marshanda.

Kini cerita itu berubah. Irwan tak lagi terlihat gagah. Kulit kuning langsat itu berubah gelap. Rambut yang dulu rapi kini terlihat sangat berantakan. Wajah yang mulus terlihat sangat berminyak. Bahkan bola matanya terlihat memutih karena katarak.  Irwan Yusuf seperti tak ada yang mengurus. Nahas, sosok Irwan malah ditemukan petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudin Sosial Jakarta Selatan sedang mengemis di kawasan Bangka pada Jumat (25/3/2016) sore.

Kepada petugas, Irwan mengatakan telah melakoni kegiatan mengemis selama tiga bulan. Yang mengagetkan dan membuat publik terhentak saat Irwan mengaku sebagai ayah kandung Marshanda.

Irwan Yusuf, ayah Marshanda (Istimewa)

Cukup sulit menghubungi Marshanda untuk meminta konfirmasi kebenaran kabar itu. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Marshanda datang ke Panti Sosial Bina Insani 2, Cipayung, Jakarta Timur. Selain untuk menengok kondisi sang papa, Marshanda pun menjawab semua pertanyaan para pewarta. "Benar, itu papa saya," kata Marshanda yang hadir ditemani sang kekasih Egi John.

Tak sedikit orang yang menilai hidup Irwan sangat menderita. Tak sedikit pula yang mempertanyakan Marshanda karena dianggap telah menelantarkan ayah kandungnya. Pertanyaan yang kemudian muncul,"Marshanda yang menelantarkan sang ayah atau justru Irwan Yusuf yang telah menelantarkan Marshanda?" Jauh sebelum Marshanda terkenal, sang ibu Rianti Sofyan telah bercerai dengan Irwan Yusuf.

Irwan Yusuf, ayah Marshanda (Liputan6.com/Rizky Aditya Saputra)

Tapi benarkah Irwan menderita saat menjadi pengemis?

Pendiri Spirit of Universal Life (SOUL) Bunda Arsaningsih mengatakan orang tidak bisa menilai sesuatu dari luarnya saja. Karena yang menjalani lebih paham apa yang paling dirasakan.

"Ketika kita bilang ayah Marshanda menderita, belum tentu," ujar Bunda Arsaningsih kepada Health Liputan6.com pada Selasa (29/3/2016)

Menurut Bunda Arsaningsih, hidup miskin sekali pun belum tentu orang merasa menderita. Pun sebaliknya, hidup bergelimang harta belum tentu hati merasa tentram, damai, dan merasa cukup. Ya, karena pada dasarnya manusia tidak pernah merasa cukup. "Walaupun ayah Marshanda mengemis karena usahanya bangkrut atau apalah, tidak sepenuhnya menderita," kata Arsaningsih. Ia lalu berujar,"Apa yang dia tanam itulah yang dia tuai."

Ayah Marshanda, Irwan Yusuf (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Mungkin dengan kondisinya yang sekarang, Irwan Yusuf lebih bisa mensyukuri dan menghargai makna dari sebuah kehidupan. "Ini bagian dari proses spiritual ayahnya Marshanda. Sehingga dia harus menerima ini semua," kata Arsaningsih menambahkan.

Janganlah menilai sesuatu hanya dari segi fisik saja. Sama halnya seperti kita menilai Irwan Yusuf sekarang. Kita sebagai manusia ada kalanya harus melalui proses pembelajaran dengan cara yang terkesan dramatis. Hidup terlunta-lunta dan tak ada yang mengurus.

Bunda Arsaningsih pun berharap, dengan kondisi yang kini dihadapi Irwan Yusuf semakin membuatnya menjadi sosok ayah atau sosok individu yang semakin rendah hati, ikhlas, dan menerima semua yang diberikan Tuhan dengan tangan terbuka dan apa adanya.