Sukses

Bunda, Catat Tips Hentikan ASI yang Aman

Bagaimana bila selepas dua tahun, anak belum bisa meninggalkan ASI?

Liputan6.com, Jakarta Tidak peduli apapun makanan dan suplemen bayi, ASI ekslusif harus menjadi prioritas ibu hingga usia anak dua tahun. Namun bagaimana bila selepas dua tahun, anak belum bisa meninggalkan ASI?

Sejumlah ibu mungkin ada yang menerapkan herbal hingga balsam ke puting payudara agar anak tidak menyusui lagi. Namun tahan dulu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar anak berhenti menyusui, seperti dikutip Parentinghealthybabies, Sabtu (26/3/2016):

1. Melatih anak berhenti menyusui

Ketimbang menggunakan botol susu, melatih anak minum menggunakan gelas adalah pilihan yang tepat. Bila Bunda takut anak tersedak, ajari dia untuk menggunakan sendok perlahan-lahan hingga dia bisa minum sendiri.

2. Berikan makanan semi padat

Untuk mengalihkan perhatiannya dari ASI, Bunda dapat memberikan anak makanan semi padat secara teratur. Bayi mungkin masih perlu ASI, namun perlahan-lahan dia akan beralih dengan sendirinya.

3. Istirahatkan puting

Ketika bayi mengisap susu, puting menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan eksternal selama beberapa bulan. Jadi, Anda mungkin bisa memberikan waktu untuk mengistirahatkan puting dengan cara tidur telentang pada malam hari sehingga tidak ada tekanan pada payudara. Hal ini akan membantu mengurangi produksi susu dan membantu anak menyapih ASI.

 

4. Kurangi intensitas hubungan seksual

Berhubungan seks mungkin akan merangsang produksi susu berlebihan. Kurangi intensitas hubungan seksual selama beberapa hari saja sampai produksi susu secara alami berkurang.

5. Mengoleskan daun kubis pada payudara

Menggunakan daun kubis mentah merupakan metode kuno untuk membantu wanita ketika mereka ingin menyapih bayi dari menyusui secara alami. Tempatkan daun mentah pada payudara Anda dan di dalam bra. Daun ini akan meredam ASI dan membuat si kecil tidak menyukainya. Ketika pasokan susu turun, Anda bisa memberikan si kecil makanan.

6. Bersabar

Untuk menyapih anak Anda dari menyusui, jangan mengharapkan hasil semalam. Setiap balita memiliki reaksi yang berbeda. Anda harus ingat, menyusui adalah cara yang mengagumkan untuk semakin mendekatkan ikatan dengan anak Anda. ASI juga membuat anak lebih sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini