Sukses

Cara agar Tetap Bugar Meski Seharian di Depan Komputer

Duduk terlalu lama di depan komputer bisa membuat badan, leher dan kepala menjadi tegang dan kehilangan konsentrasi, lakukan hal ini segera!

Liputan6.com, Jakarta Delapan hingga sepuluh jam duduk di depan komputer setiap hari bikin tubuh jadi cepat lelah, terlebih bagian mata dan leher Anda akan bereaksi lebih cepat sehingga membuat kesulitan untuk berkonsentrasi.

Meregangkan tubuh beberapa kali setiap jam atau sekadar menutup mata beberapa menit akan dapat meringankan rasa lelah. Melansir laman Motto Time, Kamis (24/3/2016) untuk tubuh tetap sehat setelah seharian berada di depan komputer, lakukan cara berikut dan rasakan reaksinya.

1. Sejajarkan posisi mata dengan layar komputer

Dr. Jim Sheedy dari Pacific University menganjurkan untuk menempatkan posisi mata sejajar dengan bagian atas layar komputer, sebab jika mata selalumelihat ke arah yang terlalu rendah maka leher dan punggung akan mudah merasa sakit. Bahkan bisa membuat mata mengalami kekeringan.

2. Tempatkan posisi tubuh yang tepat

Tanpa disadari seseorang sering kali menjulurkan leher mereka ke arah depan, sehingga ketidakseimbangan menyebabkan ketegangan pada leher dan tulang belakang.

Dr. James Bowman dari Portland, Ore Solutions Chiropractic, menjelaskan untuk mengurangi ketegangan otot-otot dengan memposisikan tubuh dengan tegak dan layar komputer harus sedikit lebih tinggi.

3. Berdiri sejenak

Meja berdiri menjadi opsi yang baik untuk menghindari ketegangan otot. Menurut penelitian dari University of Minnesota dan Mayo Clinic, mengganti posisi kerja dari duduk dengan berdiri dapat menurunkan rasa lelah yang sering terjadi hingga nafsu makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.