Sukses

Ini yang Bisa Dipelajari Anak dari Pertengkaran Orangtua

Bagaimana anak menanggapi pertengkaran orangtua yang dilihatnya secara langsung.

Liputan6.com, Jakarta "Pertengkaran di depan anak, saling memaafkan pun harus di depan anak," begitu kata Founder Spirit of Universal Life (SOUL), Bunda Arsaningsih, ketika ditanya apa yang harus dilakukan orangtua ketika tanpa sengaja bertengkar di depan si Kecil.

Ia mengatakan bahwa anak bisa juga belajar dari proses yang buruk ini. Perlihatkan ke mereka, keributan bisa diredakan dengan saling meminta maaf.


"Makanya jangan gengsi melakukan itu," kata Bunda Arsaningsih dalam program Mind and Soul pada Rabu (23/3/2016)

Setiap anak, jelas Arsaningsih, tidak selalu harus belajar dari hal-hal yang positif saja tetapi bisa juga dari pengalaman buruk seperti ini. "Tidak perlu menutupi proses pertengkaran ini. Tapi setelah proses itu, selesaikan dengan cara bermaafan di depan anak-anak," katanya menambahkan.

Menurut Arsaningsih, anak akan menangkap dan belajar menjadi sosok yang lebih baik lagi dari pembelajaran non formal yang mereka dapatkan di dalam rumah.

Namun, orangtua juga harus memahami, anak bisa kecipratan energi buruk yang muncul akibat pertengkaran itu. "Sehingga secara batin anak terluka melihat pertengkaran itu. Mereka pasti sedih," ujar Bunda Arsaningsih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.