Sukses

5 Makanan Pembentuk Otot bagi Vegetarian

Latihan beban ditambah konsumsi protein yang cukup tetap bisa membuat vegetarian membentuk otot.

Liputan6.com, New York- Anda tetap bisa menjaga kekuatan tulang dan membentuk otot meski menjadi vegetarian. Menurut direktur nutrisi olahraga dari University of Pittsburgh Medical Center, Amerika Serikat, Leslie Bonci, latihan beban ditambah konsumsi protein yang mencukupi tetap bisa menjaga tulang kuat dan membentuk otot tubuh.

Sumber protein memang tak melulu berasal dari hewan, berbagai sumber nabati juga banyak yang mengandung protein. Berikut lima di antaranya seperti dikutip laman Men's Fitness, Rabu (23/3/2016).

1. Kacang

Tak mendapatkan asupan kalsium dari produk olahan susu, Anda tetap bisa memperolehnya dari kacang tanah, almond, dan pistachio. Selain mengandung kalsium, kacang juga mengandung lemak dan protein baik bagi tubuh.

2. Kedelai

Baik kacang kedelai, lentil, maupun kacang polong merupakan sumber protein yang rendah lemak dan kolesterol.

3. Sayuran hijau

"Untuk membangun otot secara optimal, mengonsumsi makanan tinggi gizi itu penting," kata pakar nutrisi, Carolyn Brown.
Kale, sawi, bayam dan sayuran lain dapat membantu Anda mencukupi asupan protein. Misalnya, dua cangkir kale mengandung 4 gram protein.

Meski jumlahnya tidak banyak, mengonsumsi sayuran pada pagi, siang, dan malam hari mampu mencapai 15 gram protein dalam sehari.

4. Brokoli

Selain sayuran hijau, brokoli merupakan sayuran yang kaya protein. Dua cangkir brokoli mengandung 5 gram protein.

5. Biji chia

"Biji chia mengandung protein, lemak baik dan omega 3. Menambahkan biji chia pada puding maupun yogurt Anda menambah asupan protein harian Anda," kata Brown.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini