Sukses

Atasi Gatal di Kulit Bokong dengan Langkah Ini

Rasa gatal yang mengganggu kenyamanan tubuh apalagi saat sedang beraktivitas. Dengan menggaruk bukan saja hal memalukan bahkan berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Rasa gatal tentunya menganggu aktivitas hingga kenyamanan tubuh seseorang, apalagi jika rasa gatal terdapat di sekitar lubang dubur Anda. Menggaruknya akan merepotkan dan memalukan diri sendiri sendiri.

Permukaan kulit di sekitar dubur akan lebih mudah meradang dan iritasi. Cukup sulit menjaga kebersihan daerah tersebut hingga bersih dan kering. Rasa gatal biasanya disebabkan oleh partikel kecil dari feses yang menempel pada daerah yang lebap dan mudah berkeringat. 

Kondisi gatal pada area bokong sering kali menimbulkan rasa jengkel. Untuk mengatasinya salep atau krim khusus penangkal rasa gatal akan memberikan reaksi secara cepat. Tapi penggunaan salep pun dapat menyebabkan masalah lebih lanjut.

Seperti dikutip laman embarrassingproblems.com, Selasa (22/3/2016) kondisi gatal di area dubur akan mengakibatkan masalah serius hingga rasa sakit berkepanjangan. Hal ini paling umum terjadi pada orang dewasa berusia 30 dan 50 tahun, dan empat kali lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita.

Kondisi ini dapat diatasi dengan berbagai cara seperti membersihkan bagian dubur hingga bersih dan memastikan area telah kering sebelum menggunakan pakaian. Simak langkah berikut untuk mengatasi rasa gatal pada permukaan kulit anus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atasi dengan Cara Berikut

- Cuci area anus sebanyak tiga kali sehari dengan menggunakan air dan sabun yang tak mengandung parfum. Beberapa dokter pun menyarankan untuk menggunakan krim berbahan air yang khusus untuk membersihkan area tersebut.

- Saat berpergian dan tidak ada air untuk membersihkan area vital tersebut, gunakanlah tisu basah yang tidak mengandung parfum untuk membersihkannya. Akan lebih baik jika Anda menambahkan air bersih ke permukaan tisu.

- Penggunaan sabun mandi harus dipastikan dengan rinci saat membilas bagian bokong dari permukaan paling luar hingga permukaan dekat lubang dubur. Posisi efektif untuk mencuci area bokong adalah dalam posisi jongkok dan arahkan pancuran air. Gunakan bedak bayi yang tentunya tak mengandung wewangian setelah permukaan bokong benar-benar kering.

- Kenakanlah pakaian dalam yang berbahan katun dan longgar sebab akan mengurangi produksi keringat di sekitar dubur yang menjadi biang keringat dan iritasi.

- Jangan menggaruk area kulit dubur yang gatal sebab menggaruknya justru akan merusak permukaan kulit dubur yang rawan dan sensitif. Jemari Anda juga belum tentu steril dari bakteri dan berpotensi menyebabkan iritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini