Sukses

Manfaat Pranayama untuk Pasien Asma

Khususnya bagi pasien asma, Pranayama disebut bisa menjadi latihan untuk mengontrol pernapasan dan membuat napas jadi lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai jurnal mencatat manfaat yoga untuk kesehatan. Khususnya bagi pasien asma, Pranayama disebut bisa menjadi latihan yang efektif untuk mengontrol pernapasan dan membuat napas jadi lebih mudah.

Seperti diberitakan Onlymyhealth, Senin (21/3/2016), teknik bernapas Pranayama dapat membantu menenangkan otot dada serta mengurangi risiko penyempitan pembuluh darah jantung dan paru-paru. Selain itu, terapi ini dapat mengurangi reaksi alergi.

"Pasien asma cenderung sulit menarik napas dalam untuk mendapat oksigen lebih banyak. Hal ini memperburuk kondisi organ internal mereka," tulis laman India tersebut.

Meski penggunaan obat asma tetap dijaga, latihan yoga dapat menenangkan tubuh dan mencegah pemicu asma. Selain itu, yoga dapat mengontrol refleks saraf Anda dan mengurangi gerakan berlebihan dari saraf parasimpatis.

Bagi pasien asma dianjurkan melakukan latihan Bhrastika Pranayama, minimal 12 kali termasuk latihan-latihan bernapas dalam untuk mengurangi tekanan pada jantung dan paru-paru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini