Sukses

Lewat Video, Elmo Ajarkan Anak-anak Cara Terhindar Virus Zika

Elmo dari Sesame Street mengajarkan anak-anak cara menghindari gigitan nyamuk dengan virus Zika lewat video.

Liputan6.com, Jakarta Virus Zika masih merongrong warga di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia. Edukasi tentang pencegahan virus ini penting, termasuk untuk anak-anak. Karakter boneka Elmo dari Sesame Street bekerjasama dengan Pan American Health Organization (PAHO) mengajarkan anak-anak cara menghindari gigitan nyamuk dengan virus Zika lewat video.

Dalam video berdurasi 30 detik ini, Elmo berbincang dengan Raya tentang cara menghalau nyamuk Aedes aegypti. Raya menjelaskan kepada Elmo tentang pentingnya menjaga air di sekitar kita bebas dari jentik-jentik nyamuk.

Genangan air yang ada di rumah maupun air di mangkuk kecil bisa jadi tempat nyamuk pembawa virus Zika dan demam berdarah berkembang biak.

"Jangan lupa, lindungi tubuh dengan pakaian lengan panjang dan celana panjang berwarna terang, dan topi," tutur Raya kepada Elmo dalam video yang tersedia dalam bahasa Spanyol, Inggris dan Portugis ini seperti dikutip laman NBC News, Selasa (29/3/2016).

Selain lewat video, Sesame Street juga membuat poster menarik untuk mengingatkan anak-anak untuk menutup jendela rumah, menutup air, menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang sebisa mungkin. Serta mengingatkan anak-anak memastikan nyamuk di sekitar rumah mereka tidak berkembang.

Di akhir video maupun poster ini memiliki pesan yang sama yakni "Jika nyamuk tidak menggigit maka selamat tinggal Zika"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini