Sukses

Tantangan Pinggang Langsing Ukuran Kertas A4, Sehatkah?

Tantangan langsing lainnya kini mulai mewarnai media sosial dengan pesan yang hampir sama, melihat seberapa kecil ukuran pinggang wanita

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat tantangan langsing "memeluk" pinggang dengan satu tangan yang dilakukan kaum hawa tahun lalu? Tantangan langsing lainnya kini mulai mewarnai media sosial dengan pesan yang hampir sama, melihat seberapa kecil ukuran pinggang para wanita.

Tantangan yang disebut A4 Waist Challenge itu mendorong para wanita untuk berfoto di balik sehelai kertas putih ukuran A4 untuk membandingkan lebar pinggang dengan lebar kertas 8 inci tersebut.

Tantangan ini dimulai pada Februari lalu di situs blogging Tiongkok, Weibo. Kini nyaris semua wanita di seluruh dunia menjawab tantangan itu.

Dr Ann Kearney-Cooke, psikolog di Cincinnati Psychotherapy Institute mengatakan tantangan seperti ini mempromosikan imej tubuh yang tak sehat, terutama di antara kaum wanita, dikutip dari laman Today, Senin (21/3/2016).

"Ini sama seperti kepercayaan dirimu diukur dari satu bagian tubuh dan ukuran pinggangmu," ucapnya. "Kepercayaan diri di usia dewasa seharusnya lebih kepada mengembangkan kekuatan di dari dalam dirimu," lanjutnya.

Kearney-Cooke juga mengatakan bahwa para gadis seharusnya mempertanyakan hal-hal besar seiring bertambahnya usia seperti, "Apa yang kupercayai (dalam hidup)?" dan "Apa kekuatanku yang paling utama?" ketimbang bertanya, "Apakah ukuran pinggangku telah sesuai?"

Lebih jauh Kearney-Cooke menjelaskan, memiliki pinggang seramping sehelai kertas bukanlah hal yang bisa dicapai semua wanita muda mengingat hormon dan bentuk alami tubuh wanita.

"Sebagian besar (wanita) tak bisa memiliki itu dan mereka merasa buruk terhadap diri sendiri," ujarnya sambil menambahkan tekanan semacam itu bisa menyebabkan para wanita mengembangkan kebiasaan berbahaya terkait kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.