Sukses

3 Penyakit Kuno yang Penyebabnya Masih Misterius

Berikut adalah tiga jenis penyakit kuno yang hingga kini masih menjadi misteri.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang beranggapan orang zaman dulu tak pernah menderita penyakit yang aneh-aneh. Anggapan itu bisa saja benar, tapi tak sepenuhnya harus dipercaya. Sebab pada kenyataannya, saat ini ada banyak penyakit yang sudah pernah menyerang di masa lalu hanya saja kala itu belum diketahui diagnosisnya.

Berikut adalah tiga jenis penyakit kuno yang hingga kini masih menjadi misteri sebagaimana dilansir oleh LiveScience, Minggu (20/3/2016).

Pica

Orang yang didiagnosis dengan Pica memiliki dorongan tak terpuaskan untuk makan zat non-makanan seperti kotoran, kertas, lem dan tanah liat. Meskipun diyakini berkaitan dengan kekurangan mineral, pakar kesehatan tidak menemukan penyebab pasti dan obat untuk gangguan aneh ini.

Gangguan autoimun

Sejumlah penelitian dilakukan untuk menjabarkan klasifikasi penyakit ini, termasuk Lupus dan MS. Gangguan autoimun memperlakukan organ tubuh yang berfungsi normal seperti musuh. Mereka yang telah kronis, sulit untuk disembuhkan, dan dokter hanya dapat melakukan upaya untuk meringankan gejalanya saja.

Creutzfeldt-Jakob Disease atau CJD

Salah satu versi gangguan otak langka ini lebih dikenal dengan sebutan Sapi Gila dan dapat ditularkan melalui daging sapi yang terkontaminasi. Penyakit CJD biasanya selalu fatal, dan gejala awal yang ditunjukkan bersifat acak, tetapi berkembang pada kebanyakan pasien karena alasan dokter belum mengetahui cara mencegahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini