Sukses

Ini Arti Kode Digit di Buah Impor yang Anda Beli

Hal tersebut bisa menjadi penanda bagaimana buah tersebut tumbuh.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda membeli apel impor pernah tidak melihat ada stiker kecil dengan kode nomor tertentu? Jika iya, itu adalah kode PLU atau Price Look Up. Bagi sebagian orang ini mengganggu karena untuk mencucinya kita harus mengelupas terlebih dahulu namun sebenarnya lewat kode ini kita bisa mengetahui jenis buah tersebut. 

Pada produk segara kode PLU diawali terdiri dari empat atau lima angka. Hal tersebut bisa menjadi penanda bagaimana buah tersebut tumbuh. Sehingga dengan adanya kode PLU untuk memastikan harga yang sesuai dibayar oleh konsumen seperti dikutip laman International Federation for Produce Standards, Sabtu (19/3/2016).

Sebenarnya pengkodean PLU ini bersifat voluntary, tidak diberikan mandat oleh pemerintahan tertentu. Namun sudah banyak negara mengaplikasikannya.

Berikut contohnya:

- Bila kode terdiri dari 5 digit dimulai dari angka 9 itu artinya buah tersebut tumbuh secara organik dan tidak dimodifikasi secara genetik. Pisang yang organik kodenya akan 94011. Bisa juga apel hijau yang tumbuh organik, maka kodenya 94139.

- Bila terdiri kode 4 digit artinya buah tersebut tumbuh secara konvensional dengan penggunaan pupuk non organik. Lalu empat angka tersebut menandakan jenis buah, misalnya pisang diberi kode 4011. Lalu apel fuji 4131.

- Bila kode terdiri dari 5 digit dimulai dari angka 8 itu artinya buah tersebut adalah hasil rekaya genetika. Misalnya pisang yang telah mengalami persilangan kodenya 84011. Lalu apel hijau yang merupakan hasil rekayasa genetika kodenya 84139

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini