Sukses

Dapat Bonus Bikin Karyawan Lebih Sehat

Jika perusahaan menginginkan karyawan untuk aktif secara fisik, berilah mereka bonus berupa uang lembur atau menaikkan gaji mereka.

Liputan6.com, Jakarta Produktivitas karyawan akan baik jika tubuh mereka selalu bugar dan sehat. Jika perusahaan menginginkan karyawan untuk aktif secara fisik, berilah mereka bonus berupa uang lembur atau menaikkan gaji mereka.

Ilmuwan asal India jebolan University of Pennsylvania, Mitesh Patel, mengatakan, skema seperti ini memudahkan para karyawan menyediakan waktu untuk berolahraga karena mendapat dukungan dari atasannya. 

"Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menggabungkan antara insentif keuangan dan dukungan sosial dapat digunakan untuk mengubah perilaku masyarakat terhadap kesehatan diri sendiri yang lebih baik," kata Mitesh dikutip dari Times of India, Jumat (18/3/2016)

Mitesh meminta 304 orang responden yang merupakan karyawan dari sebuah organisasi di Philadelphia untuk penelitian ini. Mereka dibagi menjadi 76 tim yang terdiri dari empat anggota untuk mengambil setidaknya 7.000 langkah sehari. Beberapa di antaranya mendapat gaji insentif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan, gabungan antara insentif yang diterima karyawan dan aktivitas fisik yang mereka kerjakan (5.280 langkah per hari) membuat mereka menjadi lebih sehat karena mampu melangkah sebanyak itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.