Sukses

Dorong Penduduk Hidup Sehat, Ini Negara Paling Bahagia Sedunia

Denmark berhasil menjadi jawara negara paling bahagia sedunia menggeser Swiss.

Liputan6.com, New York- Denmark berhasil menjadi jawara negara paling bahagia sedunia menurut World Happiness Report Update 2016. Ia berhasil menjadi nomor satu dengan berbeda angka amat sedikit dengan juara tahun lalu, Swiss.

Tahun ini World Happines Report dinilai oleh individu-individu ahli yang mengevaluasi kesejahteraan dan gaya hidup dari 157 negara. Penilaian mencakup pendapatan, dukungan sosial, kebebasan untuk memilih, dan harapan hidup sehat.

Lalu mengapa Denmark bisa terpilih menjadi negara paling bahagia di dunia?

Denmark mendorong warganya untuk hidup sehat dengan berbagai cara. Sekitar 50 persen warga Kopenhagen naik sepeda setiap hari. Hal ini menurunkan risiko warganya mengalami bad mood, stres, dan terjadi kenaikan berat badan,

Lalu, Denmark merupakan negara yang menjamin kesejahteraan keluarganya, seperti diungkap senator Amerika Serikat, Bernie Sanders seperti dikutip laman Huffington Post, Jumat (18/3/2016). Di Denmark kebijakan sosial seperti kesehatan, anak, pendidikan, dan pengangguran dibuat sebagai sistem solidaritas, sehingga membuat warganya tidak mungkin jatuh terpuruk.

Tak cuma itu, Denmark pun memberikan kebijakan yang sangat menyenangkan bagi calon orangtua. Empat minggu sebelum melahirkan, sang ibu bisa mendapatkan cuti dan mendapatkan gaji. Setelah bayi lahir, ibu bisa cuti selama 14 minggu dan tetap digaji.

Berikut 10 negara paling bahagia sedunia seperti dikeluarkan Sustainable Development Solutions Network dari PBB ditulis Jumat (18/3/2016).

10. Swedia
9. Australia
8. Selandia Baru
7. Belanda
6. Kanada
5. Finladia
4. Norwegia
3. Islandia
2. Swiss
1. Denmark

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.