Sukses

Mind and Soul: Cara Tepat Ajarkan Anak untuk Meminta Maaf

Liputan6.com, Jakarta Founder Spirit of Universal Life (SOUL), Bunda Arsaningsih, mengimbau agar orangtua memberi contoh bagaimana proses meminta maaf terlebih dahulu sebelum menyuruh atau mengajarkan si Kecil melakukan hal serupa jika mereka melakukan kesalahan ke saudaranya.

"Proses ini akan berjalan mulus tergantung orangtuanya juga. Oleh karena itu jadikan diri kita sebagai contoh yang baik. Apabila kita bersalah dan mempunyai kesalahan ke anak kita, kita pun harus mampu meminta maaf," kata Bunda Arsaningsih dalam program 'Mind and Soul' Liputan6.com pada Rabu (16/3/2016) 


Jika orangtua mampu melakukannya, niscaya anak juga akan meniru hal baik yang dilakukan orangtuanya. "Mereka pun dengan kerendahan hati akan meminta maaf kepada saudaranya," ujar Arsaningsih.

Menurut Arsaningsih, adik dan kakak pada dasarnya diciptakan untuk saling menghargai. Tapi pada kenyataannya, seringkali adik dan kakak terlibat pertengkaran yang dipicu rasa cemburu dan iri.

"Bagaimana cara orangtua menghadapi proses ini? Ajaklah anak untuk saling memahami bahwa saudara mereka adalah sesuatu yang menjadi takdir Tuhan untuk bersama dalam kehidupan ini," kata Arsaningsih. Tidak lupa berikan juga pemahaman arti penting seorang saudara di dirinya.

Ketika anak memahami hakekat ini, mereka dengan mudah saling berbagi, saling menghargai, sehingga mereka mampu mempererat hubungan persaudaraan ini.