Sukses

Tahap Akhir Pemisahan Bayi Kembar Siam, Bedah Plastik

Bayi kembar siam Dwi dan Tri yang menyatu pada panggulnya mendapatkan tindakan operasi dari ahli bedah plastik setelah berhasil dipisahkan.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang dikenal, bidang kedokteran khususnya Bedah Plastik tergolong untuk mengubah bentuk dari wajah hingga anggota tubuh lainnya, namun tak selamanya bedah plastik semata-mata hanya untuk mengubah.

Bayi kembar siam Dwi dan Tri yang menyatu padapanggulnya mendapatkan tindakan operasi dari ahli bedah plastik setelah berhasil dipisahkan oleh tim operasi dariRSCM. 

Bukan untuk menambah atau mengubah anggota tubuh Dwi dan Tri, tapi untuk menutup semua bagian perut dari pembuatan saluran pembuangan feses pada dinding perut bayi Dwi dan Tri.

"Kami tim bedah plastik melakukan tugas paling terakhir - jadi kalau dokter bagian dalam sudah selesai saya bersama anggota bedah plastik lainnya menutup bagian perut dari kedua bayi," ujar Prof. dr. Chaula L.S., Sp.B, Sp.BP-RE(K), dari divisi bedah plastik RSCM, dalam konferensi pers pemulangan Bayi Kembar Siam Dwi dan Tri, di RSCM, Selasa 15 Maret, ditulis Rabu (16/3/2016).

Pada proses operasi bedah plastik, Prof. Chaula menerangkan ada kesulitan tersendiri dalam menangani operasi kedua bayi. Ini sebab tim harus menghindari ketegangan di bagian perut.

"Saat operasi kami harus memainkan otot perut dan kita membawa bagian yang longgar ke tempat yang sempit untuk menghindari ketegangan," ungkap Chaula.

Chaula menambahkan jika belakangan parut tidak bagus maka tim akan melakukan rekonstruksi juga adaptasi saat perut sudah di tutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini