Sukses

Sirup Maple Bisa Lindungi Otak dari Penyakit Ini

Sirup maple diduga mampu membantu melindungi otak dari bahaya penyakit Alzheimer.

Liputan6.com, Jakarta Ada satu alasan baik lagi untuk mengkonsumsi panekuk pagi Anda bersama dengan sirup maple. Sirup maple diduga mampu membantu melindungi otak dari bahaya.

Sebuah kelompok peneliti internasional mempublikasikan sebuah penelitian besar untuk mendukung keuntungan dari produk alami pada penyakit penurunan kemampuan syaraf, seperti Alzheimer. Temuan tersebut, yang dipublikasikan pada pertemuan tahunan American Chemical Society, mengungkap potensi pengaruh kemampuan perlindungan sirup maple pada kerusakan sel-sel otak. Seperti dikutip dari Medical Daily, Rabu (16/3/2016).

Tim peneliti tersebut menguji hasil dari 24 penelitian berbeda yang fokus pada dukungan terhadap kesehatan otak melalui diet, dan sebuah pola mulai terlihat. Para peneliti menemukan bahwa sirup maple asli--jenis yang dibuat dari getah pohon maple--bisa membantu mencegah 2 jenis protein di otak agar tidak menggumpal bersama.

Ketika sel-sel protein ini, beta amyloid dan tau peptide, secara tidak wajar menutup dan berakumulasi bersama membentuk sebuah plak di otak, yang kemudian menjadi akar atau asal mula penyakitAlzheimer dan penyakit otak lainnya. 

Para ilmuwan juga menemukan pada sejumlah pasien yang sudah terdiagnosis Alzheimer, menggunakan ekstrak sirup maple mampu membantu memperpanjang harapan hidup pasien dengan melindungi sel-sel otak agar tidak menjadi kusut atau dikenal dengan fibrilasi.

Ketika sebuah serpihan protein bernama beta-amyloid menggumpal, gumpalan kecil yang terbentuk tersebut bisa menghambat sinyal diantara sel, membuatnya menjadi sulit untuk area otak tertentu mengirimkan pesan komunikasi kepada area lainnya. Hambatan tersebut juga akan mengaktifkan sel-sel sistem kekebalan tubuh yang memicu peradangan dan menghancurkan sel-sel yang lemah.

Kemampuan sirup maple untuk menjaga beta-amyloid agar tidak menggumpal bisa menjadi suatu trik baru untuk melindungi otak dan menjaganya agar tetap berfungsi dengan baik.

"Kami semua mengetahui bahwa maple memiliki lebih dari 100 senyawa bioaktif, yang beberapa dari senyawa tersebut memiliki zat anti-inflamasi,” ujar Serge Beaulieu, Presiden Federasi Produsen Sirup Maple Quebec, dalam sebuah pernyataan. “Kesehatan otak menjadi topik terbaru yang bisa kami eksplorasi, dan kami menantikan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai manfaat potensial yang dimiliki sirup maple pada bidang ini.”

Para peneliti menduga, konsentrasi phenol yang ditemukan pada sirup maple menjadi bahan kunci. Senyawa phenolic yang ditemukan pada tanaman ini memiliki efek antioksidan. Ini memberikan kemampuan untuk menangkap radikal bebas yang berbahaya sebelum menyebabkan kerusakan serius pada sel-sel tubuh.

Senyawa phenolic lainnya yang ditemukan pada kulit anggur dan anggur merah telah menunjukkan memiliki manfaat antikanker sebagai manfaat tambahan sebelumnya yaitu melindungi syaraf.

“Produk makanan alami seperti teh hijau, anggur merah, buah beri, dan delima terus dipelajari untuk mengetahui manfaat potensial mereka dalam melawan penyakit Alzheimer,” ujar pemimpin penelitian Dr. Navindra P. Seera, seorang ilmuwan di Texas University, pada sebuah pernyataan. “Dan sekarang, pada studi awal penyakit Alzheimer yang dilakukan di laboratorium, ekstrak pengaya phenolic dari sirup maple dari Kanada menunjukkan efek perlindungan syaraf, mirip dengan resveratrol, senyawa yang ditemukan pada minuman anggur merah.”

Penyakit Alzheimer adalah sebuah kondisi progresif yang secara bertahap akan terus memburuk seiring waktu yang dapat menyebabkan kehilangan ingatan, kesulitan dalam berbahasa, berkonsentrasi, berencana, dan dalam pengaturan. Menurut Alzheimer Association, perawatan yang ada saat ini tidak mampu memberhentikan perkembangan dari penyakit ini, namun mereka bisa memperlambat gejala memburuk untuk sementara waktu agar bisa membantu memperbaiki kualitas hidup penderita.

Menggunakan diet atau pola makan untuk memperlambat atau mencegah tahap awal penyakit penurunan kemampuan syaraf bisa menjadi sebuah cara yang efektif dan tambahan yang murah. Namun para peneliti berencana untuk terus melanjutkan investigasi mereka untuk mengkonfirmasi lebih jauh manfaat dari sirup maple tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.