Sukses

Bahaya Masukkan Kentang ke Kulkas

Jangan masukkan kentang kedalam kulkas.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa makanan mungkin akan lebih baik dan awet bila dimasukkan ke kulkas. Namun jangan masukkan kentang ke dalam kulkas. Badan Standarisasi Makanan (FSA) Amerika, menyatakan tegas hal tersebut.

"Ketika kentang disimpan di lemari es, pati kentang akan berubah menjadi gula. Ketika dipanggang atau digoreng, gula ini bisa bercampur dengan asparagin asam amino dan menghasilkan akrilamida kimia, yang dianggap berbahaya bagi tubuh," tulis laman Mirror, Selasa (15/3/2016). 

Lantas, apa itu akrilamida? Dari berbagai sumber disebutkan, akrilamida merupakan bahan kimia yang digunakan dalam proses industri seperti produksi kertas, pewarna dan plastik. Dalam sebuah studi, akrilamida ini telah dikaitkan dengan kanker.

"Studi dengan model tikus menemukan ada reaksi kanker dari paparan akrilamida," tulis situs cancer.gov

Meski begitu, FSA tidak meminta masyarakat untuk berhenti mengonsumsi kentang. Sebab makanan ini masuk golongan karbohidrat yang baik untuk diet seimbang. Lagipula, penelitian masih sebatas pada tikus, sedangkan pada manusia masih diteliti lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini