Sukses

5 Ramuan Alami Penyembuh Rambut Rontok

Rambut rontok memang mengkhawatirkan, untungnya untuk mengembalikan kesuburan rambut Anda tidak memerlukan zat kimia.

Liputan6.com, Jakarta Jika dilihat dari sisi penampilan, rambut rontok memang mengkhawatirkan. Untungnya ada kabar baik, untuk mengembalikan kesuburan rambut Anda tidak memerlukan zat kimia.

Suatu ulasan ilmiah yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology mengevaluasi perawatan alami untuk rambut rontok. Tidak hanya ulasan ini menyebutkan banyak pilihan efektif, tapi manusia juga ternyata sudah menggunakan ramuan alami ini selama berabad-abad. 

"Catatan pertama tentang pengobatan rambut rontok ada sejak zaman Mesir kuno," ujar Alan Bauman, MD, seorang ahli medis pemulihan rambut bersertifikat. "Mereka meresepkan kombinasi rempah yang tidak biasa: campuran dari iron oxide, red lead, bawang, alabaster, madu, dan lemak hewan."

Sementara penelitian telah berkembang, keinginan untuk ramuan alami masih ada. Ini adalah lima ramuan sederhana (tanpa lemak hewan) yang bisa Anda coba, seperti dilansir dari Prevention, Selasa (15/3/2016):

1. Jus bawang

Dalam sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam The Journal Of Dermatology, 20 dari 23 orang yang mengoleskan jus bawang ke kulit kepala mereka dua kali sehari, melihat pertumbuhan nyata pada rambut mereka dalam tempo enam minggu.

Para peneliti percaya, flavonoid dalam bawang memiliki sifat anti-inflamasi yang menyebabkan rambut kembali subur.

2. Cabai merah

Suplemen capsaicin, kandungan di dalam cabai yang membuat pedas, ternyata bisa menstimulasi faktor pertumbuhan yang diasosiasikan dengan pertumbuhan rambut dalam tempo lima bulan. Hal ini disampaikan oleh sebuah penelitian di dalam Growth Hormone & IGF Research.

Anda tak perlu mengoleskan cabai merah ke kulit kepala, cukup memasukkan si pedas ini ke dalam menu harian - jika Anda tahan pedas tentunya.

3. Sage, rosemary, dan lidah buaya

Sage telah terbukti bisa meningkatkan ketebalan rambut. Rosemary telah terbukti menstimulasi pertumbuhan rambut, dan, lidah buaya telah meningkatkan pertumbuhan rambut selama berabad-abad, ujar suatu ulasan dari Thailand.

Anda bisa membuat campuran dari ketiga bahan ini dan mengoleskannya ke kulit kepala, atau mencari produk rambut yang mengandung ketiganya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.