Sukses

Ketika Plak Gigi Merusak Senyum Manismu

Tahukah Kamu jika permukaan gigimu tidak benar-benar bersih walaupun Kamu sudah menyikat gigi dengan rutin?

Liputan6.com, Jakarta

Tahukah Kamu jika permukaan gigimu tidak benar-benar bersih walaupun Kamu sudah menyikat gigi dengan rutin? Saat kita selesai menyikat gigi, lapisan tipis yang disebut dengan biofilm akan segera terbentuk. Lapisan ini memang mengandung mikroorganisme baik maupun jahat, dan akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut plak gigi.

Plak adalah musuh utama di rongga mulut yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan juga membuat gusi di daerah leher gigi meradang. Gusi yang berada di dekat plak gigi akan lebih merah dan bengkak dibandingkan daerah gusi di bawahnya. Bukan cuma itu, plak gigi juga menyebabkan gusi mudah berdarah dan mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Lalu, bagaimana solusinya? Tenang, karena ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mencegah penumpukan plak, berikut caranya.

1. Rajin Sikat Gigi

Waktu menyikat gigi yang baik dan benar adalah dua kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi denganbulu sikat lembut dan pasta gigi yang mengandung fluorida. Pastikan juga sikat gigi dapat menjangkau semua permukaan gigi termasuk bagian gigi terdalam dan juga sikatlah gusi dan lidah karena plak juga menempel disana

2. Bersihkan Sela-sela gigi

Walaupun sulit dilakukan, tapi pembersihan sela-sela gigi setiap hari memiliki dampak penting kepada kesehatan gigi dan gusi. Jika kesulitan melakukannya, Kamu bisa bertanya kepada dokter gigi tentang sikat interdental (antar gigi), dental floss, dan peralatan semprot air atau angin yang dapat dilakukan setelah scaling atau pembersihan karang gigi .

Gunakan juga sikat gigi  dengan fitur 3 sudut yang mampu menjangkau bagian terdalam gigi. Sikatlah gigi minimal 2 menit. Teknik menyikat gigi yang benar adalah dari gusi ke gigi untuk bagian depan dan gerakan gerakan memutar untuk bagian dalam, jangan lupa untuk menyikat gigi bagian dalam dengan gerakan mencungkil.

3. Jangan Lupakan Mouthwash
Mouthwash atau obat kumur mengandung fluoride dan zat lain seperti potassium citrate dan zinc sulfate yang dapat membantu menguatkan gigi dan menyehatkan gusi.

4. Kurangi Makanan manis dan lengket

Makanan yang manis dan lengket dapat membahayakan kesehatan gigi. Makanan yang lengket sulit dibersihkan dari permukaan gigi dan kandungan gula akan difermentasikan oleh bakteri menjadi asam yang dapat melarutkan mineral-mineral gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

5. Periksa ke Dokter Gigi

Jangan anggap sepele permasalahan gigi Kamu, periksakan kesehatan gigimu ke dokter gigi secara teratur. Cukup dua kali dalam setahun, dokter gigi dapat mendekteksi kerusakan dini di dalam mulutmu dan mengatasinya sebelum terlambat.

Powered by :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.