Sukses

Atasi 'Mata Panda' dengan 4 Bahan Makanan Ini

Lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda seringkali muncul karena kita kurang tidur.

Liputan6.com, Jakarta Lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda seringkali muncul karena kita kurang tidur. Hal ini tentu saja sangat mengganggu penampilan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengompres area di sekitar mata. Berikut empat makanan alami yang bisa membantu mengatasi mata panda, dilansir dari laman Prevention, Minggu (13/3/2016):

1. Mentimun

Mengompres mata dengan irisan mentimun adalah cara klasik yang ampuh mengurangi inflamasi penyebab mata sembap dan lingkaran hitam di bawah mata. 

"Para peneliti menemukan bahwa mentimun mengandung beragam antioksidan seperti cucurbitacins, vitexin, orientin, dan isoscoparin, serta vitamin C dan K, semuanya ini membantu mengurangi perubahan warna di bawah mata," kata Jeanette Jacknin, dermatolog holistik dan penulis Smart Medicine for Your Skin.

Jeanette menyarankan untuk mendinginkan dulu irisan mentimun sebelum digunakan agar mendapat manfaatnya secara maksimal.

"Suhu dingin (mentimun) mengurangi akumulasi cairan di bawah mata," ungkapnya.

2. Kentang

Tak punya mentimun? Tak masalah. Menurut Jacknin, kentang juga memiliki manfaat yang sama seperti mentimun. Kentang mengandung banyak vitamin C serta nutrisi lainnya yang bisa mengatasi iritasi di bawah area mata.

Bila Anda tertarik mencoba teknik Jacknin, simpan kentang dalam freezer selama 30 menit, keluarkan, lalu iris tipis. Rebahkan tubuh dan letakkan irisan kentang di masing-masing mata menutupi lingkaran hitam mata, biarkan selama 15 menit.

3. Kantong teh hijau

Anda juga bisa menggunakan kantong bekas teh celup sebagai kompres dingin. Kondisi kantong teh celup yang dingin akan mengurangi sembap. Peneliti juga menunjukkan, teh hijau memiliki zat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kuit sensitif. Teh hijau banyak digunakan sebagai bahan dasar krim kosmetik untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan anti-aging.

4. Avokad

Jacknin mengatakan, avokado juga bisa membantu mengatasi lingkaran hitam atau mata panda yang disebabkan oleh kulit kering.

Asam lemak dalam avokad mengembalikan kelembapan dan elastisitas pada kulit kering. Nutrisi lain dalam buah ini juga menstimulasi sirkulasi darah di sekitar mata sehingga sembap dan mata panda berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini