Sukses

BE HEALTHY: Yuk, Bersihkan Lidah Supaya Tak Bau Mulut

Memastikan lidah bersih juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan mulut dan terhindar dari bau mulut.

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut biasanya disebabkan oleh kebersihan gigi dan rongga mulut yang kurang terjaga. Oleh karena itu kita perlu menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur malam, serta menyikat lidah.

Memastikan lidah bersih juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan mulut dan terhindar dari bau mulut.Sejatinya bakteri tak hanya menempel di gigi saja, melainkan juga bisa menumpuk di lidah. 

Sama seperti gigi, lidah yang lupa dibersihkan bisa menyebabkan beberapa infeksi seperti penyakit gusi, kandidiasis oral atau sariawan, infeksi tenggorokan, dan lainnya. Jika dibiarkan, infeksi tersebut juga bisa menyebabkan penyakit kronis lainnya.

Lidah yang bersih dan sehat berwarna merah jambu serta lembap. Menurut penelitian di Belgia ditemukan, lidah yang dibersihkan selama dua minggu berturut-turut membuat pemiliknya bisa mencecap rasa secara lebih baik.

Membersihkan lidah dua kali sehari, terutama pada pagi dan malam bisa menghalau bakteri anaerobik. Bakteri ini biasanya berkembang biak pada kondisi gelap, lembap dan hangat seperti kondisi mulut saat kita tidur.

Bagaimana cara membersihkan lidah yang benar agar tak bau mulut? Berikut penjelasan singkatnya seperti dituturkan drg Miranda Adriani dalam program Be Healthy: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.