Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ini Kenapa Wanita Perlu Melihat Miss V-nya Secara Teratur

Jangan hanya tahu teori, penting bagi wanita untuk mengenal bentuk vaginanya secara langsung dan rutin.

Liputan6.com, Jakarta Pembahasan tentang vagina mungkin sudah bukan sesuatu yang asing lagi bagi wanita zaman sekarang. Namun, tak hanya membicarakannya dan memiliki cukup pengetahuan tentang daerah kewanitaan, Anda juga perlu melihatnya secara teratur.

"Sangatlah penting untuk mengetahui tentang tubuh Anda sendiri dan mencatat setiap kekhawatiran," kata dokter spesialis kandungan Alyssa Dweck, M.D., salah satu penulis "V is For Vagina." "Dan dengan melakukannya Anda bisa mencegah isu (kesehatan) yang lebih besar."

Seperti dilansir dari Women's Health, Kamis (10/3/2016), mempelajari daerah kewanitaan Anda di kaca bisa membantu menemukan munculnya jerawat baru, goresan, luka, bengkak yang menyakitkan, sampai cairan vagina yang kental. Semuanya tadi adalah alasan yang baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. 

"Secara umum, jika muncul sesuatu yang tak biasanya ada, selalulah memeriksakan diri ke dokter Anda," kata Dweck.

Tentunya butuh waktu bagi Anda untuk tahu apa yang normal dan tidak. Karena itu penting bagi Anda untuk melihat dan mengecek vagina Anda sendiri secara teratur.

"Walaupun memang ada ukuran panjang, bentuk, warna, dan variasi simetris rata-rata, tapi ketika berbicara tentang vulva, kenyataannya 'normal' itu tidak ada," ujar Dweck.

"Yang penting adalah, apa yang normal bagi Anda, dan apakah seseorang memiliki suatu gejala penyakit sehubungan dengan daerah ini."

Jadilah, ambillah cermin, dan berdirilah di kamar mandi Anda dengan satu kaki dinaikkan, baik ke atas kloset atau bangku kecil. Dari sudut ini, kata Dweck, Anda bisa melihat semua bagian vagina, mulai dari labia mayora, labia minora, klitoris, perineum (daerah antara vagina dan anus), uretra (lubang kencing), bukaan vagina, dan anus.

Ketika Anda sudah mengenal vagina Anda dengan baik dan sudah mengetahui bagaimana tampilan normal vagina, Anda akan segera bisa mengetahui apakah ada masalah yang muncul. Sebaiknya periksa dan ceklah vagina Anda sekurangnya seminggu sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.