Sukses

Selain Sharapova, Sejumlah Atlet Lain Juga Gunakan Meldonium

Berdasarkan penelitian pada European Games 2015 lalu, tak sedikit atlet yang menggunakan meldonium.

Liputan6.com, New York- Petenis Maria Sharapova mendapat sanksi dari Federasi Tenis Internasional (ITF) karena menggunakan meldonium. Namun sebenarnya bukan hanya Sharapova saja yang menggunakan obat ini. Peneliti menemukan tak sedikit atlet lain yang menggunakannya.

Penelitian yang dilakukan anggota Komite Olimpiade Medis dan Anti-doping Eropa pada atlet-atlet yang berlaga di European Games 2015 di Baku, Azerbaijan, mengindikasikan bahwa tak sedikit atlet menggunakan obat yang juga dikenal sebagai Mildronate ini.

Ada sekitar 8,7 persen atlet yang positif menggunakan Meldonium usai menjalani tes. Lalu ada 3,5 persen atlet maupun tim medis atlet tersebut melaporkan penggunaan obat ini, seperti dikutip laman Time, Kamis (10/3/2016).

Sejak 1 Januari 2016 Meldonium dilarang digunakan oleh pada atlet. Namun Sharapova terbukti mengonsumsi obat ini pada Australian Open, Februari lalu. Ia mengaku tidak membaca daftar obat-obat yang dilarang. Si cantik ini juga mengatakan selama ini ia mengganggapnya sebagai "suplemen kesehatan".

Meldonium adalah obat yang digunakan untuk meningkatan sirkulasi oksigen pada pasien dengan masalah jantung maupun penyakit vaskular. Selain itu, Meldonium juga berfungsi meningkatkan fungsi motorik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.