Sukses

7 Hal Istimewa untuk Rayakan Hari Perempuan Internasional

Rayakan Hari Perempuan Internasional dengan melihat tujuh keuntungan jadi perempuan berikut ini.

Liputan6.com, New York Tepat di Hari Perempuan Internasional yang dirayakan setiap 8 Maret, dunia memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik, dan sosial. Di luar perjuangan meraih ketiga hal tersebut sebenarnya perempuan dikarunia banyak keuntungan.

Keuntungan pada perempuan berasal dari hormon hingga pilihan gaya hidup sehingga memiliki banyak 'hadiah' baik bagi tubuh dibandingkan pria. "Pria dikenal kurang memperhatikan kesehatan mereka dan lebih memilih pergi langsung ke dokter," tutur wakil kepala medis untuk American Cancer Society, J. Leonard Lichtenfeld, MD.

Lalu apa saja keuntungan jadi wanita? Mulai lebih panjang umur hingga mampu mengatasi sakit daripada pria. Selengkapnya seperti dikutip laman Health, Selasa (8/3/2016).

1. Lebih berumur panjang

Dibandingkan pria, wanita bisa hidup lebih lama. Berdasarkan studi dari National Center for Health Statistics, wanita hidup lebih lama empat tahun dibanding pria. Perempuan diprediksi mampu hidup hingga usia 81,2 tahun, sementara pria 76,4 tahun.

"Hal ini bisa terjadi karena berdasarkan data, wanita yang terkena jantung lebih rendah dibanding pria," tutur direktur medis ada kesehatan jantung perempuan dari Joan H. Tisch Center, Nieca Goldberg.

Pendapat lainnya, Niece juga menjelaskan bisa jadi karena perempuan lebih menjaga sosialisasi dengan keluarga dan teman-teman. "Ikatan sosial berkaitan erat dengan umur panjang," terang Nieca lagi.

2. Lebih mampu menahan rasa sakit

Banyak orang berpendapat bahwa pria lebih mampu menahan rasa sakit, namun hal tersebut tidak sesuai dengan beberapa hasil studi.

"Banyak penelitian yang menyebutkan faktanya perempuan memiliki ambang batas terhadap rasa nyeri lebih tinggi dibanding pria," tutur dokter Goldberg.

Hal ini tentu saja bisa dipahami, perempuan mampu menahan rasa sakit ketika jalani proses melahirkan.

3. Kanker rongga mulut lebih sering menyerang pria

Pria lebih mungkin terkena kanker pada bagian rongga mulut atau faring karena hal ini terkait dengan konsumsi tembakau dan alkohol.

4. Penciuman perempuan lebih tajam

Dibandingkan pria, wanita lebih memiliki penciuman tajam terhadap aroma. Hal ini disebabkan lebih banyak sel-sel di wilayah pertama otak yang menerima sinyal tentang bau. Hal ini terungkap lewat studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONe.

5. Ingatan perempuan lebih baik

Baik pria tua maupun muda, ternyata lebih pelupa dibandingkan perempuan seusianya. Hal ini terungkap lewat studi yang diterbitkan Jurnal BMC Psychology terhadap 37 ribu orang di Norwegia.

6. Perempuan lebih jarang jadi alkoholik

"Pria dua kali lebih mungkin jadi pecandu alkohol dibandingkan perempuan," terang spesialis kesehatan wanita asal New York, Holly Phillips.

7. Risiko terkena serangan jantung di usia lebih tua dibanding pria

Pria cenderung terkena serangan jantung pertama kali pada usia 40-an tahun, sementara perempuan di usia 50-an tahun seperti diungkapkan Phillips.

"Perempuan memiliki serangan jantung pertama mereka 10 tahun lebih lama dibanding pria," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini