Sukses

Turunkan Berat Badan Berlebih dengan Makan Kacang

Rutin makan kacang tiga hingga empat kali seminggu bisa membantu menurunkan berat badan.

Liputan6.com, New York- Menjadikan kacang sebagai camilan ternyata mampu menurunkan berat badan seseorang. Berdasarkan studi dari Journal of Applied Research on Children orang yang makan kacang tiga hingga empat kali seminggu membantu menurunkan berat badan.

"Menjadikan kacang sebagai camilan merupakan solusi kreatif untuk membantu orang menjaga berat badan, nafsu makan, dan rasa lapar. Menjadikan kacang sebagai camilan lebih bisa diterima daripada makanan sehat lain daripada wortel," seperti diungkap salah satu peneliti Craig Johnston, dikutip laman Fox News, Selasa (8/3/2016).

Hal ini dikemukakan setelah peneliti melakukan riset terhadap 257 remaja yang memiliki berat badan di atas indeks massa tubuh. Setengah orang tersebut diminta untuk mengonsumsi kacang atau selai kacang tiga-empat kali seminggu. Sementara sisa remaja lainnya hanya satu kali seminggu.

Semua anak yang terlibat dalam penelitian ini menerima edukasi mengenai kesehatan serta ditingkatkan aktivitas fisiknya. Setelah beberapa bulan, kelompok remaja yang rajin makan kacang sebagai camilan pengurangan berat badan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan grup yang makan cokelat.

Pada penelitian lain yang dipublikasikan Journal of Nutrition dengan menambahkan selai kacang saat sarapan bisa membantu menahan rasa lapar Anda selama 12 jam. Kacang mampu bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama karena karena penuh dengan kandungan protein, karbohidrat komplek dan lemak baik di dalamnya.

Diantara segala jenis kacang, kacang tanah yang paling mudah didapatkan yang memiliki manfaat sehat karena mengandung lemak penguat kerja otak dan vitamin E. Namun bagi Anda yang suka kacang rendah kalori bisa memilih almond. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini