Sukses

Cara Jaga Sendi Tetap Sehat

Berikut beberapa cara terbaik untuk menjaga sendi tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta Jika persendian Anda memberikan masalah tambahan, berikut beberapa cara terbaik untuk menjaganya tetap sehat, seperti dilansir dari laman Times of India, Senin (7/3/2016).

Rajin bergerak

"Pergerakan sifatnya sangat vital. Mungkin hal tersebut adalah hal yang paling terakhir yang ingin Anda lakukan namun semakin banyak Anda bergerak, semakin berkurang kekakuan dan nyeri yang Anda alami,” ujar Dr. Yousef Habbab.

“Hindari diam cukup lama dalam satu posisi saja. Jadi, jika Anda bekerja di depan komputer, jangan lupa untuk berdiri dan bergerak paling tidak satu kali dalam satu jam.”

Olahraga yang sesuai

Aktivitas slow-impact seperti bersepeda dan berjalan, lebih sehat untuk persendian daripada berlari atau aerobic, ujar Dr.Habbab. Latihan yang berkenaan dengan pergerakan tulang belakang, seperti Tai Chi, pilates, dan yoga, sangat berpengaruh untuk membantu kondisi postur tubuh. 

Tetap ramping

"Berat badan yang berlebih sangat buruk untuk persendian Anda karena hal tersebut memberikan tekanan tambahan,” ujar ahli nutrisi Shona Wilkinson.

“Setiap tambahan kilogram yang Anda dapatkan memberikan tekanan pada lutut Anda dua kali lebih besar, dan menurunkan berat badan Anda walaupun dalam jumlah yang sedikit sangat mengurangi beban lutut Anda.”

Asupan lubrikasi sendi

Anda harus mempertahankan lubrikasi pada bagian tubuh Anda yang bergerak. “Asam lemak Omega-3 yang terdapat pada ikan bukan hanya memotong gejala yang berhubungan dengan nyeri pada sendi namun juga merubah tingkat inflamasi,” jelas Shona.

Minyak ikan memperlambat produksi sel penyebab inflamasi. Sumber terbaik adalah ikan yang berminyak, seperti salmon dan tuna segar.

Postur yang baik

Postur tubuh memberikan pengaruh yang cukup besar. Sebagai contoh, membawa beban berat pada salah satu pundak bisa memaksa tubuh untuk bergerak secara tidak alami yang dapat mengarah kepada nyeri pada lutut atau pinggang. Cobalah untuk menyebar beban sedemikian rupa sehingga inti badan Anda yang menopang seluruh beban yang ada, bukan hanya satu bagian tubuh saja.

Jika Anda sedang bekerja, pastikan Anda duduk pada posisi yang nyaman di kursi Anda yang menopang tubuh Anda secara baik.

Berdiri pada satu kaki

Latihan keseimbangan mungkin tidak berarti, namun itu ternyata sangat penting, ujar fisioterapis Tim Allardyce. “Berdiri pada satu kaki dengan mata terbuka dan berusahalah untuk menjaga keseimbangan. Berpegangan pada tembok untuk menopang Anda jika Anda memerlukannya pada pertama kali melakukan hal ini.

Lakukanlah selama 2 menit setiap harinya. Latihan keseimbangan dengan kaki ini memperkuat otot dan ligamen di sekitar pergelangan kaki dan lutut, serta memperbaiki keseimbangan.”

Berhati-hati dengan produk berbasis susu

Banyak mengkonsumsi produk susu sangat tidak bijaksana jika Anda menderita arthritis, seperti diingatkan oleh terapis nutrisi Alison Cullen. Tubuh akan sulit mengurai kalsium secara baik, yang akhirnya menyebabkan pembengkakan.

“Solusi masalah ini adalah tubuh membutuhkan sumber kalsium dan magnesium yang baik, seperti sayuran hijau, gandum, buah kering dan kacang, yang akan membantu tubuh mendapatkan kalsium secara tepat,” ujar Alison.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini